Lapas Narkotika Jakarta Siap Memberantas TBC

LapsustikNews, Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium Tuberculosis, dengan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu) biasanya berdahak dan terkadang mengeluarkan darah, penyakit ini ditularkan melalui percikan ludah yang keluar dari penderita TBC, ketika berbicara, batuk atau bersin.

Tuberkulosis atau disebut dengan “TBC” masih merupakan masalah Kesehatan utama yang ada di Indonesia saat ini. Mengacu pada, WHO Global TB Report tahun 2020, saat ini masih terdapat 10 juta orang di dunia jatuh sakit karena TBC dan menyebabkan 1,2 juta orang meninggal karenanya. Indonesia termasuk delapan negara yang menyumbang 2/3 kasus TBC di seluruh dunia, menempati posisi kedua setelah India dengan kasus sebanyak 845.000 dengan kematian sebanyak 98.000 atau setara dengan 11 kematian/jam

Bertepatan dengan Hari TBC sedunia yang jatuh pada hari ini Rabu (24/03). Dengan tema “Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis.” Lapas Narkotika Jakarta memperingati hari tersebut dengan melakukan Sosialisasi terkait penyakit TBC kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang bertempat di lapangan upacara, dengan memakai Protokol Kesehatan pencegahan Covid 19.

Pada kesempatan tersebut dr Finnahari selaku dr Umum Klinik Lapas Narkotika Jakarta menyampaikan “Kita harus peduli dengan penyakit ini karena tidak beda dengan Covid 19. Penyakit ini juga bisa menular dengan cepat melalui udara. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran untuk kita semua agar mempunyai etika ketika batuk dan bersin untuk menutupnya dan segera berobat apabila ada gejala.”

Kalapas Bambang Wijanarko juga menambahkan “Sama seperti Covid 19 penyakit ini juga sangat dengan mudah menyebar dan menular. Tetap jaga kesehatan secara mandiri dan segera lakukan pemeriksaan apabila ada gejala kepada petugas Klinik Lapas Narkotika Jakarta.”

Lapas Narkotika Jakarta akan terus mendukung pemerintah  salah satunya dengan memutus mata rantai penyeberan penyakit TBC dimana penyakit ini juga sama berbahayanya dengan Virus Covid 19. Layanan Kesehatan Klinik Lapas Narkotika akan terus melayani dengan pelayanan prima agar hak hak Warga Binaan Pemasyarakatan dapat terpenuhi terutama Kesehatan.

 

Kontributor : Humas Narkotika Jakarta