GIAT SIDAK GABUNGAN AKHIR TAHUN JAJARAN PEMASYARAKATAN BERSAMA TNI-POLRI Di LAPAS NARKOTIKA

Jakarta, Lapsustik News – Menindak lanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal  Pemasyarakatan Nomor : PAS-PK.02.10.01-1442 12 Desember 2019 tentang Pencegahan dan Penindakan Terhadap Peredaran Gelap Narkoba di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan maka Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta bersama gabungan TNI, Polri, Satop Patnal Dirkamtib Ditjenpas dan Satgas Kamtib Kawil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melaksanakan kegiatan penggeledahan insidentil kamar hunian warga binaan atau sidak yang merupakan salah satu langkah progresif dan upaya serius pemberantasan NARKOBA di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, (17/12) Kegiatan Sidak dilaksanakan  mulai pukul 19.30 s.d 21.30 WIB, diawali dengan kegiatan apel siaga malam. Sidak dipimpin langsung oleh PLT Kepala Lapas (Kalapas), Eddy Junaedi.

Kegiatan Sidak tersebut dilaksanakan untuk meminimalisir benda / barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam Lapas seperti Narkoba, HP, Peralatan Elektronik (Listrik / Kabel), dan senjata tajam. Hal tersebut sebagaana diungkapkan oleh Eddy Junaedi dalam amanatnya saat apel. “Bahwa tujuan dari kegiatan sidak malam ini adalah dalam rangka langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta,” ucap Eddy Junaedi.

Eddy Junaedi juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa  menjadi langkah awal untuk mendeteksi dini apabila ada prilaku warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menyimpang dari aturan, terutama pada penyalah gunaan narkotika.

Dari penggeledahan yang dilakukan, petugas berhasil menemukan  handphone, charger, pemanas atau element, kabel-kabel dan beberapa peralatan logam. Petugas juga melakukan tes urine kepada 25 orang WBP dengan hasil negatif,  Hasil temuan tersebut kemudian dibuatkan berita acara penggeledahan dan disimpan di gudang penyimpanan dan bila saatnya nanti akan dilakukan pemusnahan.

Kontributor  : Heri & Syaeful