Warga Binaan Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta “Mengubah Sampah Menjadi Berkah”

LapsustikNews- Sampah di Jakarta selama ini menjadi masalah bagi banyak orang namun sampah bagi Warga Binaan Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menjadi sahabat yang mendatangkan rupiah. Kreatifitas warga binaan melalui pelatihan pengolahan limbah sampah organik melalui budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dapat menjadi sebuah solusi penanganan sampah juga menjadikan lingkungan Lapas yang bersih dan sehat serta sebagai bekal hidup bagi warga binaan setelah bebas untuk menangani sampah didaerahnya masing-masing. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk menciptakan kondisi Lapas yang asri serta untuk menangani sampah yang menjadi problem hampir di semua daerah.

Soeistanto selaku Kasi Kegiatan Kerja menyampaikan “Maggot BSF sangat kaya protein dan selama ini di Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, kita manfaatkan sebagai pakan alternatif untuk ayam, bebek dan ikan yang ada di Kampung Cah Angon.”

Ia mengatakan kedepannya tidak menutup kemungkinan dari budidaya Maggot BSF ini akan kita kembangkan lagi untuk kegiatan produksi pur pakan ternak dan pelet ikan yang akan dipasarkan  juga di masyarakat.

“Semoga nanti kita dapat meningkatkan kualitas produksi budidaya ini untuk diolah menjadi pakan ternak dan pellet ikan” katanya.

Bayu Irsahara selaku Kalapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sangat mendukung kegiatan pelatihan pengolahan sampah melalui budidaya Maggot BSF, karena akan menangani masalah sampah dengan baik sehingga tercipta lingkungan yang asri.

“Pelatihan ini semoga mampu untuk menjadi solusi penanganan limbah organik dan menjadi bekal ilmu bagi warga binaan” ujar Bayu.

Bayu juga berharap agar kegiatan ini dapat berkesinambungan dan terus dikembangkan sehingga dampak baiknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat luar.

 

Kontributor: Humas Lapas Narkotika Jakarta