VIRAL..!!! NARAPIDANA LAPAS NARKOTIKA JAKARTA SETOR UANG KE NEGARA.

LapsustikNews- (22/08) Masa pandemi tidak menyurutkan Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta untuk berkarya dan berkontribusi kepada Negara. Sampai dengan periode bulan juli tahun 2021 tercatat telah melaksanakan kontribusi terhadap negara melalui Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 43.925.133,- dari penjualan hasil karya yang dilakukan oleh Narapidana di Lapas Narkotika Jakarta.
Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari Kementerian Hukum dan Ham agar Lapas menjadi salah satu sumber pendapatan bagi negara.

Kepala Lapas Narkotika Jakarta Bambang Wijanarko menyampaikan “target realisasi penyetoran PNBP pada Tahun 2021 agar lebih di tingkatkan lagi, melihat potensi yang di miliki oleh Lapas Narkotika Jakarta yang berupaya memaksimalkan berbagai kegiatan produksi”.

Lebih lanjut Kepala Seksi Kegiatan Kerja Soeistanto menambahkan “bahwa di jajaran seksi kegiatan kerja wajib bagi setiap pembimbing kemandirian untuk terus melakukan inovasi agar produk-produk yang dihasilkan oleh Narapidana dapat diterima dan bersaing di pasaran, mengingat bahwa pada Tahun 2020 realisasi PNBP Rp. 94.825.000,- melebihi dari target 102% yang telah di tetapkan oleh Ditjen Pemasyarakatan.

Soistanto menjelaskan, beberapa produksi unggulan di Lapas Narkotika Jakarta yaitu Boga Roti, Hasil Kerajinan tangan seperti string art, patung ondel-ondel, kemudian ada Budidaya Lele Sangkuriang, ayam, bebek, dan masih ada pula dari bidang perkayuan, aklirik serta jasa design sablon kaos.


Harapan kedepannya bahwa akan adanya suatu wadah yang dapat memfasilitasi terkait penjualan hasil karya ataupun produksi guna memaksimalkan pendapatan dari hasil penjualan. Sehingga kontribusi kepada Negara melalui PNBP bisa lebih meningkat lagi.

 

Kontributor: Humas Lapas Narkotika Jakarta