Study Banding Ke Lapas Narkotika Jakarta, Kadiv Pas Kalbar Cicipi Roti Karya Narapidana

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Jakarta menerima Kunjungan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat, Kamis (15/7) sore.

Rombongan yang terdiri dari 6 orang ini Berkesempatan untuk melihat Sarana dan Prasarana yang ada di Lapas Narkotika Jakarta, Seperti Layanan Kunjungan, Layanan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), Ruang Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), Layanan Self Service untuk Warga Binaan Pemasyarakatan, Ruang Kegiatan Kerja (GIATJA), dan Area Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan .

Sebelum mengunjungi fasilitas – fasilitas tersebut, tim Rombongan di perkenalkan lebih dekat tentang Lapas Narkotika Jakarta melalui pemutaran Video Profil Lapas Narkotika Jakarta di Ruang Layanan Pendaftaran Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas II A Jakarta.

“Terima Kasih atas kesempatan yang diberikan Kepada kami untuk mengunjungi Lapas Narkotika Jakarta, Tujuan kami kesini adalah dalam rangka Study Banding melihat Sarana dan Prasarana serta Sistem Teknologi Informasi yang telah di Terapkan di Lapas Narkotika Jakarta.

Ini akan menjadi Bahan masukan untuk kami, karena dalam waktu dekat kami ada rencana akan membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Narkotika di Kalimantan Barat”. Ujar Dra. Suprobowati selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Lapas Narkotika Jakarta telah menerapkan system Teknologi Informasi yang cukup Baik, dari mulai Layanan Kunjungan, Layanan Informasi, dan Layanan Database Pemasyarakatan, baik yang tersentral dari Pusat maupun Hasil Inovasi Internal demi peningkatan kualitas Layanan Publik, jelas Asep Sutandar selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan  Narkotika Jakarta.

Tim berkesempatan untuk mengunjungi Balai Latihan Kerja, yang didalamnya terdapat pusat kegiatan pembuatan roti, handycraft, kaligrafi, Laundry, Pangkas rambut, Pelatihan Menjahit, Bengkel Perkayuan, Dapur kuliner, dan Galeri Hasil Karya Narapidana.

Setelah melihat pusat kegiatan pelatihan, Tim memasuki area hunia Warga Binaan untuk melihat Bentuk, serta Kapasitas Kamar Hunian. Pada kesempatan yang bersamaan Kepala Rumah Tahanan (RUTAN) Klas IIB Sambas Effendi, Amd. IP, S.H. menyampaikan sambutannya kepada para santri darussyifa Lapas Narkotika Jakarta. Dalam sambutannya, Effendi menyampaikan “ Kita sebagai makhluk Alloh SWT haruslah pandai-pandai bersyukur, Menjaga tali ikatan silaturahmi, serta menjaga persaudaraan walau jarak  yang menjadi pembatas antara kita, Karena sesungguhnya kita masih bias saling mendo’akan walaupun jaraknya terpisah beribu-ribu mil. Semoga pertemuan yang baik ini, bias mempertemukan kita semua di surganya Alloh SWT” Pungkas Karutan Klas IIA Sambas.

Kunjungan diakhiri dengan sesi foto di Photobooth Pojok WBK Lapas Narkotika Jakarta.

Kontributor : Ayep Saepuloh