String Art, Karya Seni Tingkat Tinggi Karya Warga Binaan Lapas Narkotika Jakarta

LapsustikNews- Rabu (30/09). Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat warga binaan Lapas Narkotika Jakarta untuk tetap berkreasi dan menghasilkan karya seni yang kreatif. Salah satu karya seni unggulan warga binaan Lapas Narkotika Jakarta yakni String Art, yaitu karya seni yang memanfaatkan paku dan benang dalam pembuatannya. Dalam mengerjakan karya seni ini, diperlukan ketelitian dan fokus yang tinggi karena harus berhati-hati dalam memaku dan menjaga paku sesuai pola yang sudah dibuat sebelumnya.

Dedi, salah satu warga binaan Lapas Narkotika Jakarta yang menekuni pembuatan String Art mengaku bahwa aktivitas yang dilakukan saat ini selama pandemi Covid-19 membantu mengisi waktunya saat menjalani masa pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan “Saya mengisi waktu dengan membuat String Art sehingga saya tetap bisa berkreasi selama menjalani pembinaan di Lapas.”

“String Art yang dibuat biasanya berbentuk kaligrafi, berbentuk tulisan dan kita baru saja menyelesaikan String Art berbentuk Rumah Adat, yakni Rumah Gadang yang berasal dari Sumatera Barat.” Tutur Dedi.

Soeistanto Poedji D. selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja menjelaskan kepada tim Humas “BLK Lapas Narkotika Jakarta senantiasa berupaya memberikan ruang dan wadah kepada untuk para warga binaan melakukan pengembangan kreatifitasnya.”

“Alhamdulillah ditahun ini juga BLK Lapas Narkotika Jakarta mendapat dukungan alokasi anggaran dala DIPA T.A 2020 untuk melaksanakan berbagai pelatihan bersertifikasi, semoga bermanfaat bagi seluruh warga binaan saat bebas nanti.” Harap Tanto.

Kalapas Narkotika Jakarta Oga G. Darmawan  mengaku bangga dengan hasil karya warga binaan Lapas Narkotika Jakarta “Saya bangga dengan hasil karya warga binaan Lapas Narkotika Jakarta, walaupun terhalang tembok tinggi di dalam Lapas, bisa menghasilkan karya seni yang kreatif dan inovatif.”

“Ini merupakan karya seni unggulan yang ada di Lapas Narkotika Jakarta yang dibuat oleh warga binaan di Balai Latihan Kerja yang dimiliki oleh Lapas Narkotika Jakarta.” Ungkap Oga kepada tim Humas.

“Selain pembuatan karya seni String Art, Balai Latihan Kerja juga banyak menyelenggarakan pelatihan bagi warga binaan, seperti pembuatan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) selama masa pandemi Covid-19, pembuatan roti, menjahit, pangkas rambut dan pelatihan lainnya.”tutup Oga.

 

Kontributor: Pangku Shillazid