Skrining Mingguan Disambut Antusias Oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta-LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta Kamis, (28/2) kembali menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan rutin (Skrining) untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Kegiatan ini sudah dilaksanakan rutin setiap minggu di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mulai tanggal 24 Januari 2019 hingga akhir tahun nanti yang berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Fokus kegiatan skrining terdiri dari Penyakit Tidak Menular (PTM), Tuberculosis (TB) dan Pemeriksaan Kejiwaan yang dilaksanakan oleh Petugas Medis Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, 1 Psikolog dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan Tenaga Medis dari 4 Puskesmas, yaitu Puskesmas Cipayung, Puskesmas Kecamatan Cakung, Puskesmas Duren Sawit dan Puskesmas Ciracas yang terdiri dari Dokter Umum, Perawat, Bidan dan Psikolog.

Proses skrining melalui 8 tahapan, yaitu pemeriksaan pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan skrining gejala dan tanda PTM, pemeriksaan skrining gejala dan tanda TB, pemeriksaan kesehatan jiwa dan yang terakhir konseling dokter.

Skrining ini disambut gembira oleh Jumadi selaku Kepala Sub Seksi Bimkemaswat Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, “Kegiatan program skrining sudah berjalan 6 minggu dan merupakan salah satu upaya Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya penularan penyakit pada Warga Binaan Pemasyarakatan” ucap Jumadi kepada Tim Humas.

Skrining hari ini diikuti oleh 225 warga binaan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta “Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat pak, mudah-mudahan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini terus dilanjutkan agar kesehatan kami terus terjaga” ucap Rizal salah satu   Warga Binaan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Proses kegiatan skrining berlangsung tertib, WBP mengikuti antrian dengan sabar sesuai dengan kedatangan waktu mereka tiba ketempat pemeriksaan.

Kontributor : Nurmala dan  Rasyid (Tim Humas Lapsusutik)