Serius Wujudkan WBK dan WBBM ; Kalapas Narkotika Jakarta Pimpin Langsung Rangkaian Kegiatan Pembangunan Zona Integritas

LapsustikNews – Sebanyak 253 Petugas Lapas Narkotika Jakarta melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas yang disaksikan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kegiatan Pembangunan ZI WBK/WBBM di Lapas Narkotika Jakarta diawali dengan Pencanangan Zona Integritas dengan melaksanakan Penandatanganan  Komitmen Bersama, Piagam Pencanangan  dan Pakta Integritas yang dilaksanakan secara terpusat di Lapas Klas I Cipinang pada hari Senin, 13 Februari 2020.

Selanjutnya, Pada hari Rabu (05/02) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jakarta menyampaikan arahan dalam kegiatan Pengarahan Kalapas kepada seluruh petugas Lapas Narkotika Jakarta terkait pembangunan Zona Integirtas. Kalapas Menekankan keseriusannya untuk mewujudkan ZI WBK/WBBM.

“Ini merupakan salah satu percepatan implementasi reformasi birokrasi” jelas Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Oga Gioffanni Darmawan.

Budaya integritas, budaya kinerja, dan budaya melayani merupakan nilai-nilai pokok dalam pembangunan zona integritas sehingga akan menciptakan pelayanan yang berkualitas. Komitmen pimpinan unit kerja memiliki peranan penting dalam melakukan perubahan. “Semangat perubahan ini sudah saatnya kita gelorakan bersama-sama,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan seleksi Pembentukan Tim Pokja Pembangunan WBK/WBBM. Seleksi dilaksanakan dengan menggunakan metode Assessment, para peserta sebelumnya telah dipilih berdasarkan daftar riwayat hidup, dan data kepegawai dari SIMPEG. Itu semua bertujuan untuk menghadirkan Tim yang berintegritas, berkinerja baik, disiplin dan mempunyai jiwa melayani.

Kegiatan seleksi pembentukan Tim Pokja WBK dan WBBM dipimpin langsung oleh Ketua Tim Pembangunan ZI WBK dan WBBM, Lis Susanti (Kasubbag Tata Usaha). Lis menegaskan implementasi reformasi birokrasi harus dilakukan secara optimal dan berkelanjutan. Ke depan, akan melihat terus kemajuan-kemajuan, progres, maupun inovasi terbaru pelayanan yang dilakukan di Lapas Narkotika Jakarta. Ekspektasi masyarakat terhadap perbaikan pelayanan di pemerintah sangat tinggi, terutama untuk menekan praktik pungutan liar atau pungli.

Selanjutnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kembali menghadiri kegiatan Pembinaan Pembangunan ZI WBK dan WBBM yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta. Kalapas yang ditemani oleh 6 Koordinator Tim Pokja dan 1 orang Operator E-RB. (07/02)

Pada Kegiatan tersebut hadir Staf Ahli Bidang RB, Nugroho, Plt BPSDM, Mien Usihen, selaku narasumber pada kegiatan tersebut.

“Dalam penilaian Zona Integritas menuju WBK/WBBM, terdapat enam aspek penilaian, yakni manajemen perubahan, Penataan Tata laksana, Manajemen SDM, Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Pelayanan Publik “ Ujar Nugroho

Nugroho menjelaskan bahwa pada Tahun 2020, seluruh satuan kerja yang akan diverifikasi berkas pendukung WBK dan WBBM sudah tidak lagi menggunakan kertas (hardcopy). Kini, seluruh data dukung wajib diupload (softcopy) melalui laman E-RB (erb.kemenkumham.go.id). Dengan hadirnya inovasi tersebut, diharapkan seluruh satker tidak perlu lagi membawa berkas-berkas yang banyak dan cukup merepotkan bagi para Tim Pokja yang berjarak jauh dari Pusat Verifikasi, yang biasanya dilaksanakan di Inspektorat Kemenkumham.

Masih dalam rangkaian pembangunan Zona Integritas, Kalapas Narkotika Jakarta (11/02) melaksanakan kegiatan penandatanganan pakta integritas yang diikuti oleh seluruh petugas Lapas Narkotika Jakarta. Kegiatan dilaksanakan di lapangan apel. Sebelum penandatanganan dilaksanakan, para petugas mengucapkan Pakta Integritas terlebih dahulu.

Kegiatan penandatanganan dilaksanakan secara simbolis oleh masing-masing perwakilan yang disaksikan langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Jakarta. Pada sambutannya Oga, menyampaikan kembali terkait keseriusannya dalam membangun Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.

“Mari kita sama-sama bahu-membahu untuk mewujudkan Lapas Narkotika Jakarta Tahun 2020 meraih predikat WBK dan WBBM.” Pungkas Oga.

Oga juga berharap, bukan hanya sekedar pengucapan dan goresan tinta diatas kertas yang dibubuhkan dengan materai. Ia sangat berharap kepada seluruh jajarannya untuk mengimplementasikan seluruh Pakta Integritasnya dalam Lingkungan kerja masing-masing.

Kegiatan ditutup, dengan do’a bersama.

Kontributor : Ayep S