Rudenim Jakarta melakukan Studi Tiru Ke Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Tim dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta melakukan Study Tiru ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta hari Kamis (05/12). Kedatangan Tim dari Rudenim Jakarta yang dipimpin Kepala Seksi Perawatan dan Kesehatan, Slamet Wahyuni berjumlah 14 orang yang terdiri dari 6 Pegawai dan 8 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan 2018, mendapat sambutan hangat Kepala Pengamanan Lapas Narkotika Jakarta Dody Naksabani dan staf.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat tersebut, tim yang berkunjung ingin mengetahui lebih dalam terkait inovasi apa saja yang ada di Lapas Narkotika Jakarta.

Pada kesempatan itu, Ka. KPLP menjelaskan mekanisme pengamanan dan ketertiban yang dijalankan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengamanan di Lapas Narkotika Jakarta. Dody menambahkan tentang inovasi yang berkaitan dengan layanan kunjungan, yaitu menggunakan SDP (Sistem Database Pemasyarakatan) dan sistem kerja Regu Pengamanan. “Diharapkan setelah studi tiru ini Rudenim Jakarta mendapatkan gambaran dan mampu mengadopsi sistem pengamanan, kebijakan dan strategi yang diterapkan di Lapas Narkotika Jakarta dalam menghadapi para Deteni yaitu orang asing yang dikenai tindakan administratif keimigrasian beserta para imigran gelap yang ditahan.” Pungkas Dody.

Kemudian Tim Rombongan melanjutkan kegiatan Study Tiru yang didampingi langsung oleh Ka.KPLP beserta staf dengan berkeliling melihat area Layanan Kunjungan, Informasi Pengaduan, Dapur serta Blok Hunian yang ada di Lapas Narkotika Jakarta.

Salah satu peserta rombongan atas nama Rio, sebagai CPNS angkatan 2018 menyampaikan kesannya kepada Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta, “Kegiatan studi tiru ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai laporan Aktualisasi dan Lapas Narkotika Jakarta tempatnya tertata dan bersih.”

 

Kontributor : Gde Dwaja ( Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta )