Program Unggulan Lapas Narkotika Jakarta

Kegiatan Therapeutic Community (TC)  berdiri sejak bulan April 2004 atau sudah berjalan 11 tahun.

kegiatan TC akan berlangsung kurang lebih 3 bulan dengan tujuan peserta TC  itu ‘Pulih’ dalam arti perilaku peserta yang dirubah, agar setelah bebas nanti mereka dapat membaur dengan masyarakat dan yang terpenting adalah dapat terhindar dari narkoba atau barang haram lagi”. Setelah 3 bulan peserta di ikuti ke dalam program Pasca Rehab yaitu program yang dapat menyalurkan keahlian atau keterampilan yang mereka punya.
Program TC yang dilaksanakan di lapas narkotika ini diadaptasi dari panti-panti rehabilitasi yang ada di indonesia yang mengacu pada pedoman yang ditetapkan oleh Departemen Sosial (Depsos) dan Badan Narkotika Jakarta (BNN).Meskipun demikian tidak semua kegiatan dalam program TC tersebut dapat dilaksanakan secara murni di dalam lapas. hal ini dikarenakan adanya perbedaan kondisi dan fungsi dari lapas dan panti rehabilitasi. Selain kegiatan reguler, di dalam program TC juga memberikan pelatihan khusus selama kurang lebih 1 bulan untuk calon ‘Peer Counselor’. dan para pesertanya merupakan Anggota Family yang telah selesai mengikuti kegiatan TC dan berhasil lolos dari proses seleksi penilaian. sampai saat ini telah ada 15 Peer Counselor yang membantu kegiatan TC sehari-hari. Untuk menjadi Peer Counselor harus memiliki syarat-syarat seperti berikut : Telah selesai mengikuti program primary, menunjukkan progress yang positif, lulus seleksi (administrasi, wawancara, psikotes), aktif menjalani pelatihan TC dan lulus ujian setelah pelatihan.
Kegiatan rutin dilakukan setiap pagi hari pada pukul 09.00 s.d 11.00 WIB yang berupa pertemuan seluruh family untuk menyampaikan hal-hal penting yang terjadi di lingkungan blok mereka. Sedangkan jadwal pelaksanaan reguler kegiatan TC ini dilakukan setiap hari Senin – Jum’at dari jam 09.30 – 12.00 WIB.
“Konsep TC itu menolong diri sendiri, karena dengan keyakinan setiap orang bisa berubah dan bertanggung jawab.