PROGRAM REHABILITASI BERBASIS PELATIHAN DAN KEWIRAUSAHAAN DI LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA JAKARTA

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Narkotika Klas IIA Jakarta, mulai pada hari ini Senin 25 Februari 2019. Melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Berbasis Pelatihan dan Kewirausahaan bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta dan Yayasan Tenar (Terapi Narkoba) Indonesia.

Kegiatan ini nantinya akan rutin di lakukan setiap seminggu dua kali yaitu pada hari senin dan selasa dilakukan selama satu tahun di bagi ke dalam tiga Tahapan. Adapun target Warga Binaan yang akan mengikuti program rehabilitasi sejumlah 900 orang Warga Binaan. Pada tahap pertama kegiatan rehabilitasi ini terdapat 300 Warga Binaan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sejumlah 9 orang Petugas dari Yayasan Tenar (Terapi Narkoba) dimana 7 orang laki laki dan 2 orang perempuan sebagai narasumber pemberi materi. Pada hari ini ada tiga materi yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Materi pertama yang disampaikan yaitu materi mengenai Kesehatan, dimana materi tersebut berisikan bagaimana keinginan untuk mengkonsumsi narkoba itu muncul kembali serta bagaimana penanggulangannya juga pencegahannya. Dan pemberian informasi akibat yang ditimbulkan dari pemakaian narkoba jenis tertentu.

Materi  kedua yang disampaikan yaitu materi mengenai Main Power, dimana materi tersebut berisikan bagaimana merubah Main Set untuk tidak berpikir negatif, bahwa belum terlambat untuk merubah motivasi untuk berubah menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kembali kesalahan yang pernah dilakukan.

Serta materi yang ketiga yaitu materi mengenai Kerohanian, dimana materi tersebut berisikan bagaimana mereka harus lebih mengenal dirinya sendiri bahwa apa yang mereka lakukan dimasa lalu itu salah, dengan adanya materi ini diharapkan dapat memperkuat keyakinan untuk tidak mengulang kembali apabila sudah keluar atau bebas dari Hukuman.

Setiap sesi dan pertemuan akan berbeda untuk pemberian materi yang di sampaikan, diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi untuk merubah mainset seseorang untuk berubah menjadi lebih baik.

 

Kontributor : Fahrurrozi (Tim Humas)