Plt Dirjen Pemasyarakatan Apresiasi Langkah Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lapas Narkotika Jakarta

LapsustikNews, Jakarta (18/3) Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jakarta menerima kunjungan Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Nugroho. Kunjungan tersebut diterima dengan hangat oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta, Oga G. Darmawan. Kunjungan tersebut dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi pada Lapas Narkotika Jakarta terkait Langkah-langkah pencegahan penyebaran Virus Corona Covid-19.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Monitoring dan evaluasi Plt Dirjen Pemasyarakatan kepada seluruh Lapas, Rutan se DKI Jakarta.

Dalam Kunjungannya Nugroho yang didampingi Oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta, Andika D. Prasetya melakukan pengecekan fasilitas pendukung pencegahan penyebaran covid-19 pada ruang Area Pelayanan Terpadu Lapas Narkotika.

“Saya Apresiasi Langkah-langkah Pencegahan Covid-19 di Lapas Narkotika Jakarta, karena telah menyiapkan thermal scanner, wastafel, dan hand sanitizer pada Area Pusat Pelayanan Lapas Narkotika Jakarta” Ucap Nugroho

Nugroho juga memastikan bahwa sanitasi pada area Lapas Narkotika Jakarta terawat dengan baik, sehingga pada saat hujan turun air bisa mengalir dengan baik. Selanjutnya, Nugroho melakukan monitoring pada Pusat Layanan Video Call Lapas Narkotika Jakarta, Layanan Ini telah disiapkan Oleh Kepala Lapas Narkotika Jakarta setelah turunnya Surat Edaran dari Sekretariat jenderal dan Kantor Wilayah terkait Penutupan Kunjungan pada hari-hari biasa.

“Saya Fasilitasi Wargabinaan dengan Layanan Video Call, sehingga hak-hak Kepada Warga Binaan tetap diberikan, ditengah-tengah wabah covid-19 dan Lapas Narkotika Jakarta dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik ditengah Wabah Covid-19” Tutur Oga

Dirasa, sangat baik akan fasilitas layanan video call, Nugroho melanjutkan monitoring ke blok hunian Khusus Rehabilitasi. Plt Dirjen Pemasyarakatan Disambut ramai oleh para peserta Rehabilitasi Sosial (Therapeutic Community) yang tengah melakukan kegiatan Rehabilitasi.

Para Peserta diberikan salam penyemangat sebagai awal dari penyampaian amanat oleh Plt Direktur Jenderal pemasyarakatan. Dalam amanatnya Nugroho menyampaikan bahwa Program Rehabilitasi ini, harus betul-betul diikuti dengan baik, sehingga para peserta benar-benar tidak akan kembali untuk mengulangi perilaku yang salah.

Pada kesempatan itu juga, Nugroho memberikan sosialisai terkait langkah pencegahan Covid-19 kepada para peserta rehabilitasi. “Saya mengajak kepada seluruh peserta, untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga stamina tubuh, berolahraga secara teratur dan menjaga etika ketika Batuk/bersin serta menjaga jarak ketika berbicara”, Pungkas Nugroho.

Diakhir amanatnya, Nugroho memberikan contoh bersalaman yang baik sebagai langkah penyebaran covid-19.

 

Kontributor : Ayep S.