Persiapan Latihan Kolone Senapan Dalam Rangka Peresmian Satuan Tugas (SATGAS) Pengawasan Internal Tingkat Pusat Yang Akan Dihadiri Oleh Menteri Hukum Dan HAM RI Pada Awal Bulan Maret Di Nusa Kambangan

Jakarta, Lapsustik News – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, mulai pada hari rabu  20 Februari 2019 melaksanakan persiapan latihan Kolone Senapan dalam rangka peresmian Satuan Tugas (SATGAS) Pengawasan Internal Tingkat Pusat yang akan dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM RI pada awal bulan Maret Di Nusa Kambangan. Kegiatan seleksi dan pelatihan dilaksanakan di area gedung 1 Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Peserta pelatihan sebanyak 78 orang pegawai Pemasyarakatan yg terdiri dari 3 UPT yaitu Lapas Klas I Cipinang sebanyak 25 orang, Rutan Klas I Cipinang sebanyak 25 orang dan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta sebanyak 28 orang mengikuti latihan tersebut. Latihan gabungan ini dipimpin langsung oleh Sertu Infanteri Suyanto dari Paspampres dan dampingi oleh 2 orang dari Kesatuan Marinir Cilandak yaitu Sertu Marinir Nasib Wiyanto dan Kopda Marinir Supriyagung.

Kegiatan ini intensif dilakukan selama 20 Hari terhitung dari hari senin 18 Februari 2019, dimana hari pertama di isi oleh materi penguatan fisik dimana pesertadiharuskan lari mengelilingi area sekitar Lapas ditambah dengan Sit Up, Push Up, dan Jumping Jack. Lanjut di hari kedua pesertadiberikan materi PBB dasar untuk melatih kekompakkan. Hari ketiga mereka diberi materi mengenai penyamaan langkah dan gerakan serta pengenalan Kolone Senapan, hingga pada hari keempat peserta diberi materi mengenai gerakan dasar mengenai Kolone Senapan.

Dikarenakan pada tahap ini masih proses seleksi tidak semua peserta berhak mengikuti Kolone Senapan tersebut. Dari 78 peserta yang mengikuti tahap seleksi nantinya hanya 58 peserta yang akan di pilih yang terdiri 8 peserta untuk pengibaran bendera beserta cadangan dan 50 peserta untuk pemain utama beserta cadangan. Untuk kriteria peserta yang akan di pilih sendiri mencakup orang yang tanggap dan cepat dalam menerima materi serta memiliki postur dan fisik yang mendukung dan juga memiliki kelakuan yang baik.

 

Kontributor : Fahrurrozi (Tim Humas)