Penilaian Kebersihan dan Kerapihan oleh Tim Penilai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta

Jakarta, Lapsustik News – Rabu (13/03) Tim Penilai Internal (TPI) dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta untuk melakukan penilaian dalam rangka Lomba Kebersihan dan Kerapihan Lingkungan Kerja. Hal ini dilaksanakan menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS1.UM.06.01-144 Tanggal 8 Maret 2019 tentang Pedoman Lomba Kebersihan dan Kerapihan serta Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) tanggal 20 Februari 2019 tentang Rangkaian Kegiatan Bakti Pemasyarakatan Tahun 2019.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membantu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dalam menciptakan lingkungan kerja, gedung kantor, dan lingkungan hunian yang bersih,sehat, rapi, dan nyaman, bagi pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta bebas dari penyalahgunaan/peredaran narkoba dan handphone.

Tim penilai yang terdiri dari 4 orang dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melakukan pengecekan dan penilaian diawali dari ruangan Kalapas, ruang pendaftaran kunjungan, seluruh ruangan kantor di area Gedung 1 dan Gedung 2, kemudian Tim melanjutkan penilaian di area Portir (P2U), Blok Hunian WBP, Tempat Ibadah, Dapur, BLK dan Poliklinik. “Penilaian dilakukan secara objektif sesuai pengecekan dan kriteria penilaian yang telah ditentukan” ucap salah satu Tim Penilai.

Kepala Subbid Perawatan Narapidana/Tahanan, Pengelola Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara, Nana Herdiana mengatakan, “Kami bertugas melakukan penilaian kebersihan, kerapian, dan keindahan ruang kantor, tempat ibadah, kamar hunian WBP, dapur, BLK dan Poliklinik. Semua ada kriteria penilaian, mulai dari aspek kebersihan, kerapihan, kenyamanan dan estetika serta ketaatan dan ketertiban dengan nilai angka 20 hingga 100 untuk selanjutnya direkapitulasi dalam merumuskan pemenang lomba.”

Berdasarkan pengamatan dan penilaian yang dilakukan sementara, Nana mengatakan bahwa Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dianggap layak unuk masuk nominasi lomba kebersihan dan kerapihan lingkungan kerja tingkat Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

 Kontributor: Gde Dwaja Putra (Tim Humas Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta)