Pengeluaran dan Pembebasan 8 Orang Napi di Lapas Narkotika Jakarta

LapsustikNews- Lapas Narkotika Jakarta, siang ini (24/8), melaksanakan pembebasan Asimilasi Rumah kepada 8 orang Narapidana (Napi) yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2021.

Di tahun 2021 ini, total napi yang sudah di bebaskan asimilasi rumah sebanyak 89 orang sampai bulan Agustus ini.

Jumadi selaku Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) memberikan pengarahan kepada delapan orang napi yang diantaranya menyampaikan tentang maksud, ketentuan dan konsekuensi apabila terdapat pelanggaran ketentuan yang dilakukan para narapidana pada saat menjalani asimilasi rumah. “Pemberian asimilasi rumah ini karena seluruh Lapas dan Rutan se-Indonesia saat ini mengalami over kapasitas, diharapkan dengan pemberian asimilasi rumah pada warga binaan dapat terciptanya ruang gerak di Lapas atau Rutan yang ideal sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. Tetapi apabila para narapidana melakukan tindak pidana lagi selama menjalani asimilasi rumah, maka kepada yang bersangkutan akan dilakukan pencabutan atas Surat Keputusan Asimilasi Rumah”.

Dikesempatan ini pula para narapidana penerima program asimilasi rumah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah atas program asimilasi rumah ini.

Kholidin, salah satu napi yang mendapatkan program asimilasi rumah mengungkapkan “Saya berterima kasih kepada pemerintah dan Lapas Narkotika atas segala pembinaan yang saya terima, kemudahan dan kejelasan atas segala pengurusan program asimilasi serta tidak adanya pungutan biaya apapun atas segala proses program asimilasi rumah ini”.

Rasa syukur dan haru di tunjukan oleh Napi maupun keluarga Napi yang menyambut pembebasan asimilasi ini. (Nar/ft: Um)

 

Kontributor: Humas Lapas Narkotika Jakarta