Pendampingan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Tim Penilai Internal Kunjungi Lapas Narkotika Jakarta

LapsustikNews- Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang terdiri dari Doktor Gurning selaku Pengendali Teknis, Ristianti Muji Kartikasari selaku Ketua Tim dan jajaran tim melakukan peninjauan sarana dan prasarana, inovasi layanan serta pendampingan terhadap pembangunan Zona Integritas, Jumat (14/08), yang disambut hangat oleh Kalapas Narkotika Jakarta, Oga. G. Darmawan.

Dengan didampingi oleh pejabat struktural, tim yang tiba pukul 14.30 langsung melakukan peninjauan yang dimulai dari area luar lapas,  yaitu area parkir kendaraan, area pintu masuk utama lapas, dan ruang layanan kunjungan.

“Layanan Kunjungan di Lapas Narkotika sudah menggunakan IT seperti pengambilan nomor antrian, pendaftaran kunjungan online, layar informasi digital” ucap Oga kepada Tim Penilai Internal.

Tim Penilai Internal juga melakukan peninjauan area dalam lapas seperti self service saung monas, self service pencetakan SK reintegrasi, ruang layanan informasi dan pengaduan, ruang kunjungan dalam, balai latihan kerja, area dapur serta halte pembinaan narapidana. Tim Penilai Internal juga melakukan peninjauan ke area ruang kelas Gedung 2 dan melihat kegiatan pembinaan yang dilakukan kepada narapidana serta peninjauan area klinik lapas.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan yang diikuti oleh seluruh ketua tim pokja pembangunan zona integritas dan tim Sekretariat WBK. Kegiatan dilakukan dengan simulasi desk evaluasi dengan menampilkan yel-yel, video profil dan paparan dari Kepala Lapas.

Dalam paparannya, Oga G. Darmawan menyampaikan “Lapas Narkotika Jakarta memiliki komitmen yang kuat dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan saya berharap tahun ini, Lapas Narkotika Jakarta dapat meraih predikat WBK” ungkap Oga.

Doktor Gurning dalam paparannya menyampaikan “Lapas Narkotika Jakarta agar mempersiapkan diri menghadapi penilaian dari Tim Penilai Nasional (TPN)” ucap Doktor Gurning.

“Masukan-masukan dalam perbaikan data pendukung untuk penilaian oleh tim TPN agar di unggah kembali melalui aplikasi e-RB” lanjut Doktor Gurning.

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Oga G. Darmawan selaku kalapas kepada Tim Penilai Internal atas masukan-masukan yang diberikan dan perbaikan data pendukung akan segera dilakukan.

 

Kontributor: Pangku