Pembukaan Program Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi Lapas Narkotika Jakarta Tahun 2021

Jakarta-LapsustikNews – Acara Pembukaan Program Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta Tahap I diawal tahun 2021. Jumat (15/01/2021).  Acara yang dilaksanakan di Area Gedung II Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dihadiri oleh tamu Undangan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur, Yayasan Qudwah Al Barosiyah, Divisi Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) beserta Seluruh Pejabat Struktural dan Jajaran serta Warga Binaan Peserta Program Rahabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya diikuti oleh seluruh tamu undangan dan peserta acara kemudian dilanjutkan Laporan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan oleh Jumadi selaku Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik (Kasi Binadik) dalam laporannya menyampaikan “Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta pada Tahun 2021 kembali dipercaya dan ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk menyelenggarakan rehabilitasi penyalahgunaan narkotika dan pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP)”.

Jumadi menambahkan “1100 Narapidana dilakukan skrining dengan dilaksankannya Assesment yang didukung oleh BNNP DKI Jakarta dan BNNK Jakarta Timur, adapun program terhadap Narapidana peserta Rahabilitasi medis sebanyak 400 orang dan Rehabilitasi Sosial 700 peserta serta rencana pelatihan kemandirian sebanyak 200 orang dengan pelatihan sebanyak 40 jenis kegiatan.”

“Pelaksanaan program ini diharapkan dapat membantu produktifitas WBP, memberikan wawasan kepada Warga Binaan untuk selalu menjauhi narkoba serta mempersiapkan WBP untuk siap kembali ke masyarakat setelah bebas”. Tutup Jumadi.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video selayang pandang Lapas Narkotika Jakarta kemudian dilanjutkan sambutan Pembukaan oleh Oga G Darmawan selaku Kalapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Dalam amanat pembukaan kegiatan rehabilitasi Bapak Kalapas menyampaikan supaya warga binaan pemasyarakatan rehabilitasi menjalani kegiatan rehabilitasi dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti setiap program yang disiapkan dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan Covid19.

“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar simbolis dan seremonial belaka, namun akan menjadi tonggak bagi terciptanya kualitas kehidupan yang lebih baik di dalam Lembaga Pemasyarakatan, diakhir kata Program Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi Tahun 2021 secara resmi dibuka”.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Sumarwoto Hendra Budiman selaku Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi dan Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Kanwil DKI Jakarta. “Kami sangat setuju bahwa kehidupan dan penghidupan terhadap WBP penting menjadi prioritas, saya harap kita bisa bersinergi dan saya sampaikan apresiasi kepada Lapas Narkotika Jakarta dan kami siap membantu untuk mensukseskan program rehabilitasi dan pelatihan kemandirian ini”.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kalapas ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada Warga Binaan Pemasyarakatan peserta rehabilitasi dan pelatihan kemandirian Tahun 2021.

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Doa bersama diikuti seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir, serta ditutup dengan penampilan musik oleh Sustik Band Binaan Lapas Narkotika Jakarta. Acara berjalan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kontributor : Gde & Ayep