Pembersihan Kali Cipinang Dalam Rangka Bulan Bhakti Hari Dharma Karya Dhika

Jakarta, LapsustikNews – Berdasarkan Surat Edaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nomor: W.10-UM.01.01-1057 tanggal 30 September 2019 Perihal Penyampaian Jadwal Kegiatan Bhakti Sosial  Hari Dharma Karya Dhika. Kegiatan pengabdian masyarakat Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta yang ramai-ramai “nyebur” ke Sungai Cipinang Dalam Rangka Bulan Bhakti Hari Dharma Karya Dhika, Jumat (11/10). Kegiatan tersebut sangat membantu dalam menjaga kebersihan sungai Cipinang yang berada di wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara.

“Saya selaku Wakil Lurah Cipinang Besar Utara sangat bersyukur sekali dengan kegiatan ini. Karena disini kelihatan kiprahnya atau kepedulian teman-teman dari Lapas Narkortika terhadap lingkungan sekitarnya. Kebetulan di daerah kami ada kali, namanya Kali Cipinang. Meskipun kami punya petugas Badan Air yang setiap hari membersihkan sampah di kali ini, tetapi  melihat budaya masyarakat Jakarta yang buang sampah masih jauh dari harapan, jadi kondisi kalinya belum maksimal. Artinya kalinya masih kotor. Dan kegiatan ini sangat membantu kami dalam menjaga kebersihan kali Cipinang yang ada di wilayah Cipinang Besar Utara. Dan kebetulan lokasinya pas di belakang Lapas Cipinang”, ujar Wakil Lurah kepada Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta saat memantau kegiatan tersebut.

Saat memberikan pengarahan di lapangan apel, Ahmad Fauzi selaku Pembina Apel menjelaskan bahwa petugas pemasyarakatan harus bisa mengayomi dan memberikan contoh yang baik, bukan hanya kepada warga binaan saja tetapi ke masyarakat juga. Pengarahan ditutup dengan pemberian alat kebersihan secara simbolis kepada perwakilan petugas  dan warga binaan.

“Hari ini kita melakukan pengabdian masyarakat di lingkungan sekitar lapas. Pegawai Lapas Narkotika Klas IIa Jakarta membersihkan kali Cipinang. Nanti kumpul di lapangan Sekolah Sila Paramita. Kita akan bahu membahu dengan pasukan orange. Titik lokasi kegiatan ini di bawah jembatan dekat Sekolah Sila Paramita Cipinang”, ujar Eddy Junaedi dalam pengarahannya.

Sebelum terjun ke kali, seluruh Pegawai Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dan Pekerja Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan orange berkumpul di lapangan Sekolah Sila Paramita untuk mendapat pengarahan dan melakukan do’a bersama. Pekerjaan pembersihan Kali Cipinang berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan tepat jam 09.30 kegiatan telah seselasi dilaksanakan dengan tertib.

 

Kontributor :  Syaeful