Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan

LapsustikNews. Pemasyarakatan terus ciptakan agen-agen informasi dan publikasi. Kali ini berfokus pada pelatihan pembawa berita/host yang diikuti 38 peserta dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan perwakilan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Tangerang, dan Banten.

 

Dalam kegiatan tersebut, Lapas Narkotika Jakarta turut mengirimkan peserta untuk mengikuti kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan.Kegiatan berlangsung tanggal 7-8 Desember 2020 di Hotel Orchadz, Jakarta. Tujuannya agar peserta mampu menjadi agen informasi dan publikasi Pemasyarakatan, khususnya sebagai penyampai berita kepada masyarakat.

 

Presenter TvOne, Chacha Annisa, menjadi pemateri pembuka dengan materi Public Speaking, Senin (7/11). Ia  berujar menjadi “news anchor” atau pembaca berita bisa dibilang gampang-gampang susah karena cukup banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari gestur tubuh, vokal, maupun ekspresi. Yang tak kalah penting adalah pengalaman dan kemampuan berbicara di depan umum agar bisa menjadi komunikator yang baik.

Terlepas dari itu, demam panggung sering menjadi tantangan bagi para presenter sebelum memulainya. “Pertama, yang penting percaya diri, dan lebih penting lagi adalah latihan, latihan, latihan terus-menerus,” pesan Chacha kepada peserta pelatihan.

 

Acara semakin interaktif saat dibuka sesi tanya jawab. Terlihat antusiasme tinggi dari para agen informasi dan publikasi Pemasyarakatan muda. Tentunya diharapkan ilmu yang didapatkan tidak berlalu begitu saja, namun akan menjadi bekal dan bisa sharing lebih luas di tempat kerja masing-masing.

 

“Setelah saya menyimak materi maupun tips dan trik yang disampaikan, saya jadi lebih tahu bahwa dunia presenter/host/anchor itu menyenangkan. Ditambah lagi setiap peserta diminta langsung mempraktikkan/memainkan role play. Jadi, bisa merasakan pengalaman menjadi seorang anchor/host/presenter,” ungkap Ayep, peserta Perwakilan Lapas Narkotika Jakarta