Pelayanan Konseling Bagi WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta.

Jakarta.LapsustikNews- Konseling merupakan bagian penting dalam mengobati penyalahgunaan narkoba. Konseling yang dilakukan oleh konselor terhadap pengguna narkoba dalam rehabilitasi akan membantu si pengguna mengenali masalah atau perilaku yang memicu ketergantungan tersebut. Konseling biasanya dilakukan secara individu. Meski demikian, tak tertutup kemungkinan untuk melakukan konseling secara berkelompok.

Konseling bertujuan untuk membantu program pemulihan, seperti memulai kembali perilaku hidup sehat ataupun strategi menghadapi situasi yang berisiko penggunaan narkoba kembali terulang. Konselor bertanggung jawab untuk memahami bagaimana kecanduan narkoba pada seseorang secara keseluruhan, sekaligus memahami lingkungan sosial yang ada di sekitarnya untuk mencegah terulangnya penyalahgunaan narkoba.

Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Jakarta selaku Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Pemasyarakatan yang melaksanakan program kegiatan Konseling diperuntukkan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bimbingan pribadi dan bimbingan sosial dan juga bimbingan karier.

Pada hari Jum’at (18/9), Kegiatan pelayanan konseling bagi WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta dilaksanakan di ruangan konseling gedung 2 Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, WBP wajib mengenakan masker, konselor memakai face shield disertai masker, tetap menjaga jarak dan tidak berkontak fisik, adapun disediakan 2 unit komputer guna melakukan konseling secara daring/online untuk konselor yang tidak bisa hadir langsung.

Saat ditemui tim humas salah satu konselor memberikan keterangan “Kami selaku konselor selalu memantau perkembangan para warga binaan, ada juga yang bercerita mengenai kesehariannya di Lapas, sebetulnya mereka terbuka tetapi tidak langsung to the point, harus dilakukan pendekatan secara bertahap.”

Kalapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Oga G. Darmawan menyampaikan pada tim humas “Kami beserta jajaran senantiasa berupaya memberikan pelayanan prima dan tanpa biaya kepada para warga binaan, selain menjalani rehabilitasi narkoba para Warga Binaan juga membutuhkan dukungan moral dari orang terdekat dan lingkungan sekitar.”

Kontributor : Firman.A