Pelaksanaan Orientasi II CPNS Kemenkumham Tahun 2019 hari ke-2 di Lapas Narkotika Jakarta.

Jakarta-LapsustikNews – Sebanyak 7 (tujuh) orang CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Tahun 2019 penempatan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta (LPN Jakarta) mengikuti Orientasi tahap II pada hari ke-2 yang diselenggarakan secara serentak dan virtual melalui aplikasi zoom di Ruang Aula Gedung 1 LPN Jakarta. Selasa (12/1/2021).

Kegiatan yang diawali dengan Pembekalan Materi oleh Priyanto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang undangan (PP) yaitu mengenai Tugas dan Fungsi dari Direktorat Jenderal PP. Beliau menjelaskan Tusi dari 6 Direktorat yang terdapat di Ditjen PP.

Materi kedua disampaikan oleh Komjen Pol Andap Budhi R selaku Inspektur Jenderal yang juga merangkap sebagai Plt. Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjem Pol Andap memberikan ucapan selamat kepada seluruh CPNS yang telah diterima di Kemenkumham, Lebih lanjut Andap mengucapkan bahwa melalui seleksi yang sedemikian ketat sampai akhirnya tersisa 4.536 orang yang lulus.

“Jadi anda harus tau betapa sulit masuk ke tempat ini, jangan sampai saat anda masuk ke sini anda lupa perjuangan anda masuk ke tempat ini, jangan lupa bersyukur kemudian segera beradaptasi kenali lingkungan anda”, tegas Andap.

“Berbagai penyimpangan seperti Narkotik, Pungli dan lain-lain. Saya selaku Inspektur Jenderal tidak main main ,saya hanya minta komitmen moral terhadap anda”, tambahnya.

Sesi selanjutnya adalah Pengenalan Tugas dan Fungsi dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) yang dibawakan oleh Mohamad Aliamsyah, beliau menjelaskan jenis-jenis layanan yang terdapat di Ditjen AHU.

Setelah Kegiatan orientasi tahap II virtual selesai, dilanjutkan kegiatan oleh Winanti selaku Psikolog Lapas Narkotika Jakarta yang memberikan materi tentang Self Leadership, “Kepemimpinan adalah sebuah seni yang dimulai dari diri sendiri, ketahuilah kelebihan dan kekurangan pada diri kita karena keberhasilan atau kegagalan seorang pemimpin dimulai dari bagaimana dia memahami dirinya sendiri”.

Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Oga G. Darmawan menyampaikan “Tetap semangat dalam mengikuti kegiatan orientasi tahap II, Pahami seluruh materi yang diberikan selama masa orientasi ini, karena itu merupakan bekal yang akan berguna dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi sehari-hari, dan jika ada materi yang belum dipahami jangan sungkan untuk bertanya kepada pemberi materi”.

Kontributor : Firman Aditya