Pegawai Lapas Narkotika Jakarta Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020 Secara Virtual

LapsustikNews- Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila, itulah tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Oktober 2020. Pegawai Lapas Narkotika Jakarta pada tahun 2020 ini memperingati Hari Kesaktian Pancasila secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini diperingati secara virtual dari kantor maupun kediaman masing-masing bagi pegawai yang melaksanakan Work From Home (WFH).

Upacara disiarkan secara langsung dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dengan Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. Upacara dimulai pukul 08:00 WIB disiarkan langsung oleh TVRI, Kamis (01/10). Dalam upacara tersebut Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, membacakan teks Pancasila. Selanjutnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani, membacakan ikrar. Inti dari ikrar tersebut yakni semangat ideologi nilai luhur Pancasila memperkokoh kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Dilanjutkan dengan salam kebangsaan ditandai dengan penghormatan kepada bendera negara diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Oga G. Darmawan selaku Kalapas Narkotika Jakarta menyampaikan kepada tim humas “Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober mengingatkan kita atas pengkhianatan G30S/PKI yang ingin merubah dasar negara kita yakni Pancasila.”

“Pancasila merupakan dasar negara oleh karenanya kita sebagai warga negara Republik Indonesia wajib menjaganya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.” tutup Oga.

Usai kegiatan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, Presiden Joko Widodo yang tampak beriringan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, beserta sejumlah pejabat tinggi negara berkesempatan napak tilas di Monumen Pancasila Sakti yang merupakan lokasi peristiwa pengkhianatan G30S/PKI. Peristiwa tersebut digambarkan dalam diorama yang ada di area monumen Pancasila Sakti.

 

Kontributor: Pangku Shillazid