Mendukung Keberhasilan Pemulihan Dalam Program Rehabilitasi, Lapas Narkotika Jakarta Menyelenggarakan Family Support Group (FSG) di Era Pandemi

LapsustikNews- Kegiatan Family Support Group atau disebut dengan FSG dilaksanakan dengan menerapkan Protocoler Kesehatan  di Lapas Narkotika Jakarta Pada Hari Rabu (14/10). FSG merupakan salah satu kegiatan dalam rehabilitasi yang dilaksanakan dengan mengundang keluarga peserta untukhadir ke Lapas guna mendukung proses pemulihan yang sedang dijalani.

Dengan kondisi pandemi saat ini maka kegiatan diselenggarakan di Ruang Layanan Kunjungan Terpadu Lapas Narkotika Jakarta. Tidak semua keluarga menghadiri kegiatan ini, melainkan hanya yang diundang oleh Lapas yang berjumlah 20 orang, dikarenakan kondisi pandemi maka kegiatan ini dilakukan bergiliran setiap menggunya. Selain pihak keluarga juga dihadiri oleh tim rehabilitasi beserta konselor adiksi.

Dalam Kegiatan tersebut Kasi Binadik, Jumadi, menyampaikan imbauan kepada para Keluarga Warga Binaan agar senantiasa memberikan support kepada warga binaan yang sedang menjalankan program pembinaan di dalam lapas. Menurut beliau dukungan keluarga menjadi salah satu factor penting bagi keberhasilan program dikarenakan dengan dukungan keluarga akan menigkatkan motivasinya untuk berubah. Selaian itu beliau juga mengajak kepad keluarga warga binaan untuk  selalu menerapkan Protokoler Kesehatan dan selalu Melaksanakan 3M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan ditambah untuk selalu Menjaga Kesehatan.

Psikolog Lapas Narkotika Jakarta, Winanti, menyampaikan rasa terima kasihnya dan apresiasi kepada keluarga yang sudah bersedia hadir dalam kegiatan ini. Hal ini menunjukkan adanya dukungan dan kepedulian keluarga terhadap proses pemulihan warga binaan. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan bahwa program rehabilitasi merupakan sebuah program pemulihan ketergantungan narkoba sekaligus sebagai perubahan perilaku, yang merupakan program komprehensif dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah FSG. Selain melibatkan petugas Lapas, program ini juga menggandeng konselor adiksi professional yang bertanggung jawab dalam melakukan konseling dan terapi perubahan perilakunya. Sehingga program ini bukalah program main-main karena merupakan prioritas nasional.

Para Konselor juga menyampaikan bahwa selama ini mereka bekerja keras untuk menjaga pemulihan para peserta rehabilitasi dan membantu peserta untuk mengatasi permasalahan yang dialaminya baik terkait adiksi maupun permasalahan sehari-hari. Konselor juga turut menghimbau agr keluarga senantiasa memberikan dukungan baik selama menjalani rehabilitasi di dalam lapas maupun setelah mereka berada di luar lapas dengan program pascarehabilitasinya

Kepala Lapas Narkotika Jakarta Oga G Darmawan menyambut baik kegiatan ini dan selalu memberikan dukungan terhadap terlaksananya program ini. Beliau menyampaikan Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta, betapa beliau mengapresiasi  kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan rasa terima kasih kepada Keluarga Warga Binaan yang telah datang, menyempatkan waktunya di Kala Pandemi Covid-19 ini. Beliau sangat berharap para keluarga selalu memberikan Support  kepada para Warga Binaan dan memberikan himbauan kepada mereka untuk mengikuti aturan yang ada, agar mempermudah para Warga Binaan Pasca Rehab.

Kegiatan ini pun ditutup dengan sesi tanya jawab antara para Pengunjung dengan para Petugas.

 

Kontributor: Gipsta hanif