Mengenal lebih dekat Band Narapidana dari Lapas Narkotika Jakarta, D’Sustik Band.

LapsustikNews- Jum’at (2/10) Menjadi seorang narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak menjadikan alasan untuk tidak dapat berkreatifitas. Pada umumnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di bawah wewenang Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia menyediakan berbagai macam program pembinaan, salah satunya adalah di bidang musik.

Di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, program pembinaan musik merupakan wadah bagi WBP untuk menumbuhkan bakat terpendam dan menyalurkan kreatifitasnya dalam bidang bermusik. Terbukti dengan terbentuknya band Lapas Narkotika Jakarta yang bernama D’Sustik Band.

Pada Masa Pandemi Covid-19, D’Sustik Band tetap rutin melakukan latihan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan dipantau langsung oleh Kasubsie Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (BIMKEMASWAT) yaitu Herizal Yusuf.

Kepada Tim Humas Herizal mengatakan bahwa D’Sustik Band sudah beberapa kali tampil pada kegiatan/event besar, “Selain acara internal, Kita sering tampil pada acara Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ditjen Pemasyarakatan, Bahkan pernah diundang untuk mengisi acara di Badan Narkotika Nasional (BNN), namun semenjak Pandemi, D’Sustik Band hanya melakukan latihan rutin di selasar gedung 2, dan Panggung di gazebo”.

“Disamping untuk meningkatkan skill, Latihan D’sustik Band menjadi hiburan tersendiri bagi WBP lainnya yang menyaksikannya di Gazebo area dalam Lapas Narkotika Jakarta, mereka juga sering request lagu, mulai dari genre dangdut, pop indonesia, sampai lagu barat”, Tambah Herizal.

Selaku Kalapas Narkotika Jakarta, Oga G. Darmawan sangat mendukung seluruh kegiatan pembinaan di Lapas Narkotika Jakarta termasuk D’Sustik Band “Pada beberapa kesempatan saya bernyanyi diiringi oleh D’Sustik Band dan memang terbukti mereka memiliki skill yang terbilang luar biasa. Jika bakat mereka terus diasah maka saya yakin, saat selesai menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Jakarta, Kelak mereka bisa berkarya di Industri Musik”.

Kontributor: Firman .A