Masa Pandemi Covid-19, SATOPS PATNAL Lapas Narkotika Jakarta Tegakan Kedisplinan Pegawai Terkait Protokol Kesehatan

LapsustikNews- Dalam rangka penegakan aturan dan kedisplinan pegawai di masa pandemi Covid-19, Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL) Lapas Narkotika Jakarta menggelar pemeriksaan terkait kedisplinan pegawai dalam menjalankan protokol kesehatan, Jumat (18/09) mulai pukul 09.00 WIB.

Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (SATOPS PATNAL) merupakan bagian dari Pemasyarakatan yang bertujuan untuk terlaksananya pencegahan dan penindakan gangguan kemanan dan ketertiban yang meliputi fungsi pembinaan petugas dan peningkatan layanan Pemasyarakatan.

SATOPS PATNAL dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Nomor PAS-07.OT-02.02 Tahun 2019 tentang Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Tingkat Wilayah, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pemasyarakatan.

Kegiatan pemeriksaan kepatuhan penerapan protokol Kesehatan di lingkungan Lapas Narkotika Jakarta dimulai dari pos penjagaan luar seperti Pos Masuk dari RS Pengayoman, Pos Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) yang merupakan pintu masuk utama menuju Lapas Narkotika Jakarta.

Kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh SATOPS PATNAL Lapas Narkotika Jakarta meliputi kepatuhan petugas dalam penggunaan masker, kepatuhan petugas dalam pengecekan suhu tubuh, kepatuhan petugas dalam mencuci tangan dengan sabun hingga kepatuhan petugas dalam penyemprotan kendaraan yang masuk lingkungan Lapas Narkotika Jakarta dengan menggunakan cairan disinfektan.

Rahmat Iskandar yang merupakan salah satu Tim SATOPS PATNAL Lapas Narkotika Jakarta menyampaikan “bahwa dari hasil kegiatan yang dilaksanakan, bahwa pegawai Lapas Narkotika Jakarta telah mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun serta dilakukannya penyemprotan kendaraan pegawai yang memasuki area Lapas.”

Kalapas Narkotika Jakarta, Oga G. Darmawan menyampaikan “Di era pandemi Covid-19 ini, merupakan suatu kewajiban untuk menerapkan protokol kesehatan, sehingga kita dapat mencegah penularan Covid-19.”

“Saya instruksikan langsung penerapan protokol kesehatan mulai dari pintu masuk Lapas Narkotika Jakarta hingga Pos Pengawasan dan Pemeriksaan (WASRIK) untuk pengawasan penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan penyemprotan kendaraan dengan cairan disinfektan bagi para pegawai yang memasuki Lapas Narkotika Jakarta.” Tegas Oga.

Kalimat penegasan Kalapas tersebut tentunya menjadi pedoman bagi SATOPS PATNAL Lapas Narkotika Jakarta dalam menegakan aturan secara efektif dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

 

Kontributor: Pangku