Lapas Narkotika Jakarta Serahkan Bibit Lele Ke Rutan Klas 1 Tangerang Dan Lapas Terbuka Ciangir

LapsustikNews– Sebagai salah satu wujud Resolusi Pemasyarakatan 2020 dengan target peningkatan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan menjadi SDM unggul melalui pelatihan bersertifikasi kepada 35.850 (Tiga Puluh Lima Ribu Delapan Ratus Lima Puluh) narapidana dan meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan pemasyarakatan, Lapas Narkotika Jakarta kembali menyerahkan bibit ikan lele sebanyak 11.000 ekor kepada Rutan Klas 1 Tangerang dan 5000 ekor bibit ikan lele kepada Lapas Terbuka Ciangir, Jumat (09/10).

Bibit lele tersebut diserahkan langsung oleh Soeistanto P. Djatmiko selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja (Giatja) Lapas Narkotika Jakarta kepada Rutan Klas 1 Tangerang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan (YanTah), David Madya Prasetya dan Lapas Terbuka Ciangir yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Napi dan Kegiatan Kerja (Binapi Giatja), Hilman Himawan. Bibit tersebut diberikan dalam rangka sinergitas membangun pelatihan dan ketahanan pangan di lingkungan Pemasyarakatan.

Oga G. Darmawan selaku Kepala Lapas Narkotika Jakarta menjelaskan kepada tim humas “Di era Pandemi Covid-19, kegiatan pelatihan tetap berjalan dengan menerapkan protokol Kesehatan sehingga Warga Binaan Pemasyarakatan tetap bisa berkreasi dan produktif.”

“Pemberian bibit lele ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan program pelatihan Lapas Narkotika Jakarta dalam mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan 2020 yang telah dicanangkan.” Lanjut Oga.

Soeistanto menjelaskan kepada tim humas “Hari ini kita berikan total 16.000 bibit ikan lele kepada Rutan Klas 1 Tangerang dan Lapas Terbuka Ciangir sehingga bibit ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di 2 UPT Pemasyarakatan tersebut.”

David Madya Prasetya selaku Kasi YanTah Rutan Klas 1 Tangerang menyampaikan “Saya mengucapkan terima kasih atas pemberian bibit ikan lele ini dan semoga dengan adanya bibit ikan lele ini dapat meningkatkan keterampilan para Warga Binaan yang ada di Rutan Klas 1 Tangerang ini.”

Senada dengan Kasi Yantah Rutan Klas 1 Tangerang, Hilman Himawan selaku Kasi Binapi Giatja Lapas Terbuka Ciangir menyampaikan “Hari ini kali kedua Lapas Terbuka Ciangir menerima bibit ikan lele dari Lapas Narkotika Jakarta. Semoga dengan bibit ikan lele ini menjadikan warga binaan di Lapas Terbuka Ciangir semakin produktif.”

Kegiatan dilanjutkan dengan penebaran bibit ikan lele ke kolam yang ada di Rutan Klas 1 Tangerang dan Lapas Terbuka Ciangir diikuti dengan penjelasan cara budidaya ikan lele oleh petugas Seksi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Jakarta kepada Warga Binaan dan Petugas Rutan Klas 1 Tangerang dan Lapas Terbuka Ciangir.

 

Kontributor: Pangku Shillazid