Lapas Narkotika Jakarta Serahkan 3000 Ekor Bibit Ikan Lele Kepada LPKA Jakarta

LapsustikNews- Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Jakarta, saat ini telah mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan, salah satunya kegiatan budidaya ikan lele. Ikan lele yang dibudidayakan oleh warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta sebanyak kurang lebih 100 ribu ekor. Kegiatan budidaya tersebut merupakan salah satu wujud dari Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020 dengan  target peningkatan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan menjadi SDM unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikasi kepada 35.850 (Tiga Puluh Lima Ribu Delapan Ratus Enam Puluh) Narapidana dan meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan pemasyarakatan.

Pada hari Senin (14/09) Seksi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Jakarta telah melakukan penyerahan 3000 ekor bibit ikan lele berukuran 7-8 cm. Bibit tersebut diberikan kepada Seksi Kegiatan Kerja LPKA Jakarta dalam rangka sinergitas membangun pelatihan dan ketahanan pangan di lingkungan pemasyarakatan. Bibit tersebut diserahkan langsung oleh Soeistanto P Djatmiko selaku Kasi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Jakarta kepada Aryo Samiaji, selaku Perwakilan Seksi Binadik  Lembaga Pembinaan Khusus Anak Jakarta.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Jakarta, Oga G. Darmawan merasa, Bahwa Kerja Sama Antar Unit Pelaksana Teknis Mengenai Pembinaan Budi Daya Perikanan di Lingkungan Pemasyarakatan ini, Harus Terus di tingkatkan, sehinga mampu membangun ketahanan pangan yang sangat baik di lingkungan Pemasyarakatan, dan diharapkan wargabinaan memiliki bekal keterampilan budidaya ikan lele dan bisa bekerja secara mandiri, pasca keluar dari Lembaga Pemasyarakatan. “Dalam hal ini, Bibit Lele yang dibagikan merupakan bukti keberhasilan dari pelatihan budidaya ikan lele yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Lapas Narkotika Jakarta” Tutur Oga

Masa pandemi covid19 tidak menjadikan seluruh kegiatan pembinaan di Lapas Narkotika Jakarta berhenti, dengan tetap menerapkan protocol Kesehatan seluruh kegiatan pembinaan ataupun pelatihan tetap terus dilaksanakan, sehingga tetap berkreasi dan produktif.

Kasi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Jakarta menyatakan “ Selanjutnya Lapas Narkotika Jakarta akan meyerahkan kembali bibit ikan lele kepada Lapas lainnya, seperti Lembaga Pemasyarkatan Terbuka Kelas IIB Ciangir dan Lapas/Rutan Lian yang membutuhkan ” Ucap Tanto.

 

 

 

Kontributor : Gipsta / Dokumentasi : Pangku