Lapas Narkotika Jakarta mengikuti Rapat Pelaksanaan SWAB TEST secara Virtual

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Jakarta mengikuti kegiatan rapat yang diadakan Kementerian Hukum dan HAM dimotori oleh Biro Umum Sekretariat Jenderal  dalam rangka persiapan pelaksanaan Swab Test kepada Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di 19 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, Jumat (20/11). Kegiatan yang berpusat di Ruang Rapat Kepala Biro Umum, Gedung Sekretariat Jenderal disiarkan secara virtual melalui Aplikasi Meeting Zoom.

Kegiatan diawali dan dibuka oleh Sujonggo selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kemudian berlangsung kegiatan rapat dipimpin oleh Lucky Agung Binarto selaku Kepala Biro Umum. Pelaksanaan Kegiatan Swab test yang nantinya akan dilaksanakan pada 26 November 2020 Berpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham disiarkan secara serentak melalui virtual aplikasi Zoom. Kegiatan rencananya akan diselenggarakan selama 6 hari sampai pada 3 Desember mendatang dengan jumlah Pegawai sebanyak 3.084 dan Warga Binaan 28.133 di 19 UPT Pemasyarakatan Se-Jabodetabek sehingga total berjumlah 31.217 yang akan dilakukan Tes Swab.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Biro Umum Menyampaikan agar persiapan pelaksanaan Swab Test di Jajaran Kementerian Hukum dan HAM kepada Pegawai dan WBP di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan bisa berjalan efektif dengan dibentuknya Tim dari pusat yang akan meninjau langsung pelaksanaan Swab Test pada 19 UPT Se-Jabodetabek. Kemudian beliau menambahkan bahwa setiap UPT akan diberikan fasilitas bantuan berupa tenda sarnavil sebanyak 2 tenda berukuran 5x5m guna mendukung kegiatan pelaksanaan Swab Test berjalan aman dan tertib.

Oga G. Darmawan selaku Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta menyampaikan kepada Tim Humas, “Saya sangat mendukung kegiatan Swab Test ini dilaksanakan di UPT Pemasyarakatan dan sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah untuk memutus mata rantai covid-19”.

Dr. Alima Sadrina selaku dokter Rumah Sakit Pengayoman menyampaikan berapa point terkait teknis dan pelaksanaan bagaimana alur pelaksanaan tes swab terhadap warga binaan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dan disediakannya tempat isolasi khusus WBP yang sudah melakukan Tes Swab agar tidak membaur dengan yang lainya.

Kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian Kementerian Hukum dan HAM kepada Pegawai ASN dan PPNPN yang senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat pada umumnya maupun warga binaan khususnya bagi UPT Pemasyarakatan sesuai tema “Kumham Peduli Kumham Berbagi”.

Kontributor : Gde Dwaja