Lapas Narkotika Jakarta Ikuti Kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Hukum Dan HAM Tahun 2020 Secara Virtual

LapsustikNews- Lapas Narkotika Jakarta mengikuti kegiatan Entry Meeting dalam rangka Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kamis (11/02) yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual langsung dari Graha Pengayoman, Kuningan Jakarta, dibuka secara resmi oleh Yasonna H. Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM RI dan Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara 1 BPK, Dr. Hendra Susanto serta diikuti oleh Kalapas Narkotika Jakarta, Bambang Wijanarko, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Urusan Umum, Kepala Urusan Kepegawaian, Pengelola Keuangan, Bendahara dan Pengelola Barang Milik Negara (BMN).

Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menyampaikan “Covid-19 di Indonesia yang makin meningkat menimbulkan berbagai tantangan tugas yang perlu disikapi oleh Kementerian Hukum dan HAM.”

“Tantangan tugas tersebut adalah diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan Refocusing anggaran yang mengharuskan kementerian/ Lembaga untuk mengalokasikan anggaran untuk belanja penanganan Covid-19.” lanjut Yasonna.

Dr. Hendra Susanto dalam sambutannya menyampaikan “Pemeriksa harus membangun komunikasi yang efisien dan efektif diseluruh proses pemeriksaan supaya berjalan dengan lancar dan hasil pemeriksaan dapat dimengerti dan ditindaklanjuti.”

“Sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Kementerian/Lembaga dalam pengelolaan APBN.” Lanjut Hendra

“Oleh karena itu, setiap Kementerian/Lembaga wajib menyusun dan menyampaikan laporan keuangan. Proses pemeriksaan oleh BPK dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah menjaga akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara dengan hasil akhir berupa opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.” tutup Hendra.

 

Kontributor: Pangku Shillazid