Kegiatan Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Bersama Walikota Jakarta Timur dan Kepala BNNK Jakarta Timur di Lapas Narkotika Jakarta.

Dalam rangka Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan program pemberdayaan masyarakat mewujudkan program Kampanye Lembaga Pemasyaratakan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan), Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Timur melaksanakan audensi, koordinasi dan konsolidasi pada Lapas dan Rutan yang bertempat di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta (10/03).

Acara dihadiri oleh Walikota Jakarta Timur M Anwar, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Bambang Sumardiono, Kepala Badan Narkotika Nasional Yuranita Amelia Sari, Kepala Divisi Pemasyarakatan R. Andika Dwi Prasetya, Camat Jatinegara Asril Rizal, Lurah Cipinang Besar Utara Sri Sundari, Ka UPT Lapas dan Rutan DKI Jakarta

Kegiatan dimulai pukul 09.30 WIB di Ruang Aula Gedung 1 Lapas Narkotika Jakarta, Oga Gioffanni Darmawan selaku Kalapas Narkotika Jakarta menyampaikan laporan kegiatan rehabilitasi yang telah dilaksanakan di Lapas Narkotika Jakarta dan situasi terakhir Lapas Narkotika Jakarta yang berisi 3.049 WBP dengan kapasitas 1.080 WBP over kapasitas 281%, dengan jumlah pegawai pengamanan yang terbatas, siap melaksanakan rehabilitasi di Lapas Narkotika Jakarta.

Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada para peserts audensi dan undangan khususnya kepada Walikota Jakarta Timur dan Kepala BNN Kota Jakarta Timur. “Sistem Pemasyarakatan memberikan makna bahwa fungsi pemidanaan tidak lagi sekedar memberikan efek jera tetapi juga merupakan suatu bentuk integrasi sosial WBP di tengah Masyarakat, diperlukan adanya sinergitas antar sesama stakeholder guna menunjang keberhasilan pembinaan pemasyarakatan” Ujar Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta.

Lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Walikota Jakarta Timur dan Kepala BNN Kota Jakarta Timur, memasuki acara inti adalah Diskusi dan Tanya Jawab oleh Peserta Audensi yang membahas tentang Rencana Program Kegiatan P4GN, dan Program Pemberdayaan Masyarakat.

Seusainya kegiatan, Tim dari BNN Kota Jakarta Timur didampingi oleh Kalapas Narkotika Jakarta beserta jajaran pejabat struktural melihat fasilitas yang terdapat di Lapas Narkotika Jakarta seperti, Ruang Kelas Rehabilitasi, Blok Kamar Hunian Narapidana, dan Balai Latihan Kerja.

Kontributor: Firman. A