Kegiatan Family Support Group & Penutupan Program Rehabilitasi Sosial di Lapas Narkotika Jakarta

 

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Jakarta melaksanakan Kegiatan Family Support Group & Penutupan  Program Rehabilitasi Sosial Therapeutic Community (TC) bagi Penyalahguna Narkotika Warga Binaan Pemasyarakatan, (WBP) Rabu (06/11) yang di mulai pada pukul 2 siang Bertempat di Area Gedung II Lapas Narkotika Jakarta.

Acara ini dihadiri Oleh Plt. Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta Eddy Junaedi, Kasubsie Bimkemaswat Jumadi, dan Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta dr. Wahyu Wulandari. Serta di hadiri. Serta turut hadir Keluarga dari Warga Binaan Pemasyarakatan yang akan mengikuti Program Rehabilitasi.

Acara dibuka oleh penampilan musik oleh Sustik Band yang beranggotakan WBP Lapas Narkotika Jakarta dan dilanjutkan dengan sambutan oleh dr. Wahyu Wulandari selaku Kabid Rehabilitasi BNNP Jakarta, dalam sambutannya dr. Wahyu Wulandari menyampaikan “ Kerjasama antara Lapas Narkotika Jakarta dengan BNNP DKI Jakarta sudah terjalin sejak tahun 2015 dalam pelaksanaan layanan program rehabilitasi, saya berharap Lapas Narkotika Jakarta dan BNNP DKI Jakarta tetap terus bekerja sama untuk program rehabilitasi dan semoga kegiatan ini bermanfaat untuk peserta maupun keluarga WBP . ”

Selanjutnya sambutan oleh Eddy Junaedi selaku Plt. Kalapas Narkotika Jakarta, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sangat memberikan support untuk kegiatan ini, Program TC bertujuan untuk mengubah perilaku kearah yang lebih baik dengan pendekatan kelompok serta merupakan satu bentuk rehabilitasi sosial yang berisi simulasi kehidupan nyata dengan menanamkan norma-norma dan falsafah kemudian ditanamkan menjadi budaya TC. “Saya juga berterimakasih kepada keluarga WBP yang sudah memberikan dukungannya karena sangat penting untuk keberhasilan dari program rehabilitasi ini karena memberikan dampak psikologis yang luar biasa bagi WBP untuk kembali bersemangat menghadapi kehidupan” tambah Eddy Junaedi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Testimoni oleh seorang WBP yang mengikuti Program TC,  WBP tersebut merasakan perbedaan setelah mengikuti program TC yang sebelumnya tempramental menjadi pribadi yang lebih tenang dan bisa mengendalikan diri.

Tim Humas pun juga mewawancarai orang tua dari WBP yang memberikan testimoni tersebut, seorang Ibu dengan inisial A menyampaikan bahwa putranya sudah mengikuti program TC selama 2 tahun, dan perilakunya sudah berubah lebih tenang, tidak emosional lagi. Ibu A juga sangat mendukung program TC karena bisa merubah seseorang menjadi lebih baik.

 

 

 

Kontributor       : Gde    |   Dokumentasi: Firman.A