Kalapas Narkotika Jakarta beserta Duta Layanan Sosialisasi tentang Zona Integritas WBK/WBBM serta Himbauan Pencegahan Penyebaran Virus Corona Kepada WBP dan Pengunjung Lapas.

Jakarta, LapsustikNew – Duta Layanan Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melakukan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) kepada Pengunjung pengguna layanan. Kamis (05/03). Hal tersebut sebagai langkah serius dan komitmen seluruh Jajaran Lapas Narkotika Jakarta dalam meraih predikat WBK.

Oga Gioffanni Darmawan selaku Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta memberikan Himbauan dengan terjun langsung memberikan sosialisasi terhadap seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Jakarta yang dilaksanakan di area Blok Hunian. Dalam sosialisasi beliau menyampaikan “Maksud dan Tujuan Sosialisasi Penyuluhan ini adalah memberikan Informasi yang Jelas, Tepat dan Akurat Kepada WBP tentang Pemberian Hak-hak yang bisa diperoleh selama menjalani masa pidana di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.” Oga melanjutkan “Semoga dengan adanya sosialisasi penyuluhan, WBP Blok Hunian C semakin mengetahui serta memahami proses, alur dan cara penerimaan hak dengan benar.”

Didampingi oleh Lis Susanti selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Heriyanto Syafrie selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, dan Margono selaku Kepala Kasi Pembinaan dan Anak Didik. Oga pun menekankan “bahwa Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta terus memperbaiki tingkat kualitas layanan pemberian hak-hak kepada WBP seperti Perolehan Hak Makan dan Minum, Kesehatan, Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), Asimilasi dan lainnya yang bisa diakses secara mandiri di Gazebo Self Service Monas, Jadi mohon WBP yang mengikuti program pembinaan menjadi Duta Informasi kepada rekan WBP lainnya, untuk menyampaikan dan mengajak kebaikan apa saja yang didapat dan pastinya bisa memberikan manfaat kepada sesama.”

 

Oga juga menghimbau “Ingat Biaya Rp,-0 ya untuk segala layanan yang ada di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang artinya tidak dibebankan sepeserpun, silahkan sampaikan kritikan dan saran yang membangun agar kami bisa terus  perbaiki mutu layanan pemenuhan hak-hak bagi WBP Lapas Narkotika Jakarta, sehingga pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM dapat tercapai, aamiin”.

Kegiatan ini memantik Duta Layanan Kunjungan untuk terus melakukan sosialisasi kepada pengunjung sebelum pendaftaran kunjungan dibuka agar masyarakat mengetahui prosedur persyaratan alur kunjungan serta program pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM. Dalam sosialisasi Duta menyampaikan himbauan “Agar Masyarakat pengguna layanan mendukung Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang sedang proses pembangunan menuju Zona Integritas agar berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).”

Duta menekankan kepada pengunjung agar tidak memberi imbalan ataupun suap kepada petugas dalam bentuk apapun dan segera laporkan petugas jika ada yang melakukan tindakan pungli. Kemudian Duta menambahkan terkait prosedur alur pendaftaran dengan antisipasi dilakukannya Ear Thermo Scanner untuk pencegahan penyebaran Virus Corona sebelum memasuki area kunjungan.

Kontributor : Gde Dwaja dan Tim Dokumentasi LPN Jakarta