Jajaran Binadik Lapas Narkotika Jakarta Laksanakan Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan Terkait Asimilasi Rumah

LapsustikNews– Bertempat di Ruang Pembinaan Gedung 2 Lapas Narkotika Jakarta, hari ini (05/03) dilaksanakan sidang tim pengamat pemasyarakatan yang diikuti oleh 6 orang narapidana yang secara administrasi dan substantif telah lengkap untuk mendapatkan asimilasi rumah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 Tahun 2020.

Sidang yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dihadiri oleh jajaran Binadik yakni Jumadi selaku Kepala Seksi Binadik, Imam Badrutammam selaku Kepala Subsi Registrasi, Winanti selaku Psikolog, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Madya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yakni Ayu Pataprilia dan Sutarti serta dihadiri pula oleh Keluarga Warga Binaan yang terhubung langsung secara virtual melalui aplikasi zoom.

Jumadi selaku Kepala Seksi Binadik menyampaikan “Buktikan kalian yang ada disini layak untuk mendapatkan asimilasi rumah sesuai Permenkumham No. 32 Tahun 2020.”

“Setelah mendapatkan asimilasi rumah, saya berharap kalian turut banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti membagikan masker, ikut sosialisasi kepada masyarakat di lingkungan kalian.” harap Jumadi.

Dalam arahannya, PK Madya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menjelaskan bahwa asimilasi yang didapatkan merupakan asimilasi rumah sesuai dengan arahan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly.

“Bukan berarti kalian yang mendapatkan asimilasi ini bebas tanpa pengawasan, namun kalian harus melaporkan diri kalian ke Balai Pemasyarakatan yang sudah ditunjuk nantinya.” Ucap Ayu selaku PK Madya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Untuk diketahui bahwa Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 mengatur tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat. bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

 

Kontributor: Humas Sustik Jakarta – P.S