Jajaran Adkamtib Lakukan Perawatan Rutin Senjata Api

Jakarta, LapsustikNews -Kepala Seksi Administrasi dan Keamanan Lapas Narkotika Jakarta(Kasi Adkam), Heri Purnomo, beserta jajaran dengan pengawasan dari petugas PT.Pindad (Persero) melakukan pemeliharaan dan perawatan senjata api (Senpi) yang dimiliki Lapas Narkotika Jakarta, Rabu (16/09/20). Perawatan dan pemeliharaan Senpi bertujuan untuk penunjang pelaksanaan tugas keamanan di Lapas yang memiliki resiko tinggi. “Kegiatan ini melatih anggota untuk dapat membongkar pasang senpi dan bagaimana memperlakukannya dengan benar,” ungkap Heri.

Dari senpi yang dibersihkan, ada satu pucuk yang sudah tidak dapat dipergunakan lagi, karena termakan usia sehingga tidak layak lagi dipakai dan kini disimpan di tempat yang aman. Selain dibersihkan, senpi tersebut juga sering digunakan dalam latihan menembak bersama Kodim 0505 Jakarta Timur atau Kepolisian Jakarta Timur. “Kami juga selalu memperbarui dan mendaftarkan senjata api dan buku izin operasional yang dimiliki Lapas Narkotika Jakarta kepada pihak kepolisian,” tutup Heri.

Kalapas Narkotika Jakarta menyapaikan bahwa Pengunaan senjata ini pun tidak diperbolehkan bagi petugas yang belum mendapatkan pendidikan menembak atau Kesamaptaan. “Senjata api ini hanya bisa digunakan oleh Petugas yang sudah mendapatkan pelatihan fisik atau Kesamaptaan dan pelatihan menembak” Ucap  Oga selaku Kalapas Narkotika Jakarta.

 

Kontributor: Ayep S