Ikatan Alumni Labschool (iLabs) Adakan Seminar Motivasi di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Kamis, (20/02) Di Hari Ulang Tahun Ke-52 Ikatan Alumni Labschool (iLabs) mengadakan seminar motivasi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti Program Pembinaan Rehabilitasi Sosial Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta. Permohonan ini diajukan secara tertulis kepada pihak Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Oga Gioffanni Darmawan menyambut baik dan berharap kegiatan ini akan mampu memberi dampak positif bagi seluruh narapidana, dan meminta seluruh pejabat struktural untuk mendukung penuh kegiatan tersebut.

Seminar motivasi dengan Tema “Meraih Kemenangan Hidup Optimis, Jangan Pernah Berputus Asa dari Rahmat Tuhan” dilaksanakan di Ruang Aula Kelas Praktek Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pandu Pelajar Mandiri  yang dimulai pada pukul 09.00 s/d 10.30 WIB ini dipimpin oleh Ibu Winda Farhati selaku Ketua iLabs dengan didampingi 11 rekannya yang juga Alumni iLabs.

Ketua iLabs beserta Alumni disambut hangat oleh Margono selaku Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik (Kasi. Binadik), Jumadi selaku Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Kasubsi Bimkemaswat) beserta petugas jajaran Binadik dan 70 WBP peserta rehab.

Margono yang juga sebagai Ketua Program Rehabilitasi Sosial dan Medis menyampaikan Ucapan terimakasih, Apresiasi atas kedatangan dari Ikatan Alumni Labschool karena telah menunjuk Lapas Narkotika Jakarta menjadi tempat untuk pelaksanaan seminar motivasi kepada kita semua, Semoga Kegiatan ini bisa bermanfaat untuk Lapas Narkotika Jakarta dan WBP yang nantinya setelah bebas bisa berubah menjadi orang yang berguna bagi keluarga dan masyarakat”.

Selanjutnya, Winda Farhati selaku Ketua iLabs memberikan sambutannya “Ilmu tidak hanya dalam bidang formal saja, tetapi ilmu juga bisa didapat dimana saja, apakah didalam program pelatihan pembinaan didalam Lapas atau dimanapun kita berada” Winda melanjutkan “Semoga kehadiran kami memberikan motivasi menjadi berkah buat kalian semuanya warga binaan yang mengikuti program pembinaan dan kegiatan yang ada di Lapas Narkotika Jakarta.” Winda mengakhiri dengan kalimat “Kami hanya mengajar, berbagi pengalaman dan memotivasi agar menjadi lebih baik, hasilnya semua tergantung dari komitmen dari diri masing-masing.”

Sebelum memulai kegiatan Seminar motivasi, Acara diawali dengan Doa bersama yang dipimpin oleh Abdul Manaf selaku Pembina Kerohanian di Lapas Narkotika Jakarta (LPNJ) dan pemotongan kue serta pemberian cinderamata berupa plakat oleh Ketua iLabs yang diterima langsung oleh Kasi Binadik.

Dr. Bety Nurbaiti. STP, ME yang akrab disapa Kak Bety sebagai anggota iLabs sekaligus sebagai motivator memberikan motivasi kepada WBP LPNJ bahwa “Hidup itu adalah pilihan, umur, jodoh, rejeki sudah diatur oleh Tuhan, tugas manusia hanya berikhtiar usaha, berdoa, ikhlas, tawakal berserah diri saat menjalani hidup.” Kak Bety melanjutkan “Manusia dihadapkan pada Pilihan Hidup : Jalan Kebenaran atau Jalan Kesesatan, tidak ada anak haram, tidak ada anak buangan, Kunci utama iyalah Kuasai hati (Qolbu), pikiran dan selalu berprasangka baik pada setiap Takdir Allah.” Percayalah Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan Umatnya, Pungkasnya mengakhiri sesi seminar.

Setelah memberikan motivasi, selanjutnya WBP diminta untuk memberikan Testimoni terkait manfaat program pembinaan yang telah diberikan Lapas Narkotika Jakarta sekaligus penyerahan hadiah, salah satu testimoni dari WBP yang mengikuti program TC (Teurapic Community) “Saya sangat bersyukur telah ada di Lapas Narkotika Jakarta ini, saya dapat mengikuti program rahabilitasi sosial ini yang sudah merubah pola hidup, prilaku saya kearah yang lebih baik, dan harapan saya kedepan setelah dari sini menjadi manusia yang lebih baik, terima kasih”. Ungkap salah satu peserta.

Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada petugas dan WBP yang mengikuti program rehabilitasi sebagai peserta seminar serta foto bersama.

Setalah selesai acara, selanjutnya Tim iLabs melakukan kunjungan ke Balai Latihan Kerja (BLK) LPNJ didampingi oleh jajaran Binadik beserta staf dan petugas.

 

Kontributor : Gde Dwaja dan Tim Dokumentasi LPN Jakarta

1 Comment

  1. Alhamdulillah hirobbil alaamiin…

    Senangnya punya kesempatan untuk berbagi pengalaman dan memotivasi teman-teman di Lapas…

    Semoga mereka berkenan dan mampu berbagi dan memotivasi saling menguatkan untuk perbaikan sikap ke depan…

    Aamiin ya Rabbal alaamiin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>