Hari Ke-2 Kegiatan Pelatihan Tataboga dan Higiene Sanitasi Makanan di Lapas Narkotika Jakarta.

LapsustikNews­- Dalam rangka upaya mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan yang disajikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan  yang ditempatkan pada Lapas /Rutan dan RS Pengayoman Cipinang baik yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat dan peralatan agar aman dikonsumsi, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Jakarta menyelenggarakan kegiatan kemandirian berbasis sertifikat bekerjasama dengan Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) sebagai organisasi dibidang jasa boga dan bidang pendukung lain yang terkait pengelolaan jasa boga selama 2 hari (16-17 September 2020).

Kegiatan Pelatihan Hari Kedua ini dilaksanakan pada hari Kamis (17/9) pukul 09.00 WIB Hingga Selesai yang bertempat di ruangan kelas PKBM Lapas Narkotika Jakarta. Turut hadir Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, dan Rehabilitasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Nana Herdiana, Ketua Divisi Pendidikan dan Pelatihan Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) H. Pay Paiya, serta staf dapur dari masing-masing perwakilan UPT Lapas/Rutan di DKI Jakarta.

Acara di Buka Oleh Pak Budi Selaku MC di Lapas Narkotika Kelas IIA  Jakarta. Dengan Membahas  Materi yang Telah di Jelaskan di Hari Pertama  Mengenai Sejarah Bumbu Dapur. Dan di di lanjut Oleh H.Pay Paiya  Selaku Ketua PPJI Dalam sambutannya Beliau menyampaikan Materi Tentang Manajemen Tata Boga dan Motivasi untuk para Warga Binaan  di dalam Materinya dia Menjelaskan Agar  Pembinaan di Setiap Lapas dan Rutan di tekankan untuk Melaksanakan Manajemen Tata Boga dengan baik, agar  Hasil Yang di dapat Maxsimal, “Untuk para Warga Binaan jangan Patah semangat untuk Mengembangkan Diri, Kita tidak pernah tau setelah Para Bapak-Bapak ini bebas, Bapak-Bapak Yang sudah tidak Menjadi Warga Binaan  Lebih bisa Mengembangkan diri sehingga suatu saat  dapat Membuka Usaha di Bidang Kuliner ”.

Dilanjutkan sambutan dari Bapak Bambang Selaku salah satu Anggota PPJI,  Beliau Membahas mengenai Pengertian Higiene Sanitasih Pangan dan memberikan Penjabaran-Penjabaran Aturan atau Regulasi-Regulasi yang  harus di Laksanakan Agar Dapur di Lapas Narkotika Jakarta dan Di Lapas/Rutan Lain, Memenuhi Standar Kathering HHCCF.

Dalam kesempatan lain Oga G. Darmawan selaku Kalapas Narkotika Kelas IIA Jakarta menyampaikan kepada tim humas “Di hari Kedua ini, Saya Menghimbau Kepada Seluruh jajaran Maupun Warga Binaan Agar Perhatikan Penjelasan Para Intruktur dari PPJI dengan Baik, Setiap Ilmu yang di Berikan sangat berguna Sekali Bagi Pengembangan diri Para Warga Binaan Di Lapas maupun Rutan Masing-Masing, Jangan sampai Pe     njelasan Dari Tim PPJI itu sia-sia, Di karenakan Peserta yang kurang memperhatikan”.Ucapnya

Kegiatan Terakhir  di Tutup dengan Penjabaran dan Penjelasan  Mengenaia 7 Langkah Higiene Tangan dengan benar Beserta dengan Peragaannya yang Langsung di Contohkan Tim PPJI.

 

 

 

Kontributor: Gipsta