Deteksi Dini Hepatitis C: Pegawai Lapas Narkotika Jakarta Ikuti Pemeriksaan Hepatitis C

LapsustikNews, Jakarta — Hepatitis masih menjadi salah satu tantangan kesehatan pada 2020. Hepatitis merupakan infeksi atau peradangan yang terjadi di hati karena serangan virus hepatitis A, B, C, D, dan E.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan seluruh negara untuk meningkatkan layanan tes hepatitis dan perawatan global demi memberantas penyakit ini pada 2030.

Berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS7.PK.01.06.04-12 Tentang Tes Hepatitis C bagi Petugas Pemasyarakatan. Merujuk pada surat edaran tersebut, Lapas Narkotika Jakarta mengadakan pemeriksaan Tes Hepatitis C oleh Dokter dan Perawat Poliklinik Lapas Narkotika Jakarta.

Pada bulan Juli tahun 2019 lalu, telah dilaksanakan pemeriksaaan tes Hepatitis C bagi 17.000 Tahanan dan Narapidana di 7 (tujuh) UPT Pemasyarakatan Wilayah DKI Jakarta, didapatkan hasil bahwa 6,1 % Reaktif Hepatitis C.

Dengan mempertimbangkan tingginya resiko penularan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi mengadakan pemeriksaan Hepatitis C Pada 910 Orang Petugas Kesehatan dan Petugas Jaga UPT Pemasyarakatan Wilayah DKI Jakarta dengan Periode waktu 20-24 Januari 2020 .

Target kuota peserta pemeriksaan berjumlah 170 Orang Pegawai Lapas Narkotika Jakarta (Petugas Kesehatan dan Petugas Jaga). Pemeriksaan Tes dilakukan langsung oleh Dokter dan Perawat Poliklinik Lapas Narkotika Jakarta.

Pada Tim Humas, Dr. Yusman selaku koordinator pelaksanaan pemeriksaan menyampaikan bahwa pelaksanaan pemeriksaan Tes Hepatitis C dibagi 3 gelombang, disesuaikan dengan Jadwal Piket Petugas Jaga, dengan target 170 orang.

“Alhamdulillah hari ini target jumlah pegawai yang diperiksa sudah terpenuhi yakni 62 orang, dan terlihat atusias dari para pegawai dalam menyambut kegiatan ini.” Ucap Dr. Yusman

Kegiatan ini merupakan salah satu point (No.6) pada deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yaitu pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Salah satu peserta pemeriksaan Fauzan (Petugas Jaga) menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan pemeriksaan Tes Hepatitis C, dengan kegiatan ini fauzan bisa mendeteksi penularan Hepatitis C.

 

Kontributor : Ayep S.