Cegah Covid-19: Layanan Video Call Bagi Warga Binaan Lapas Narkotika Jakarta

LAPSUSTIKNEWS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Narkotika Jakarta, menyediakan layanan video call untuk keluarga warga binaan. Hal itu dilakukan lantaran kunjungan bagi tahanan dan narapidana disetop sementara, untuk mencegah penyebaran virus corona, Covid-19.

“Mulai dari hari Rabu 18 Maret 2020, untuk sementara kita hentikan kegiatan kunjungan untuk warga binaan. Keluarga yang ingin mengetahui keadaan warga binaan, kita sediakan layanan video call untuk meminimalisir kontak,” ujar Kalapas Narkotika Jakarta, Oga G. Darmawan

Ia menambahkan, layanan video call untuk warga binaan dimulai pada jam 09.00 WIB pagi hingga jam 11.30 WIB siang. Kemudian dilanjutkan pada jam 13.30 WIB hingga jam 14.30 WIB. “Layanan video call seperti kunjungan biasa mulai jam 09.00 WIB sampai jam 11.30 WIB, istirahat siang kemudian lanjut sampai jam 13.20 WIB,” ujar Oga.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) mengambil langkah preventif untuk merespons kondisi terkini terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Kebijakan diambil untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) guna mewaspadai corona.

“Pelaksanaan kunjungan bagi tahanan, narapidana, anak ditiadakan penyelenggaraannya sementara sampai dengan batas waktu tertentu,” Kata Plt Dirjen Pemasyarakatan Nugroho, Senin, 16 Maret 2020.

Layanan Video Call ini sangat memudahkan akses komunikasi untuk wargabinaan dengan keluarga tanpa harus kontak langsung.  Adapun layanan ini hanya dapat melakukan pemanggilan keluar kepada keluarga, dan demi alasan keamanan akses komunikasi maka Layanan Video Call Lapas Narkotika Jakarta Tidak dapat menerima panggilan masuk dari keluarga.

 

Kontributor Ayep. S