Apel Pagi dan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Oleh Kalapas dan Tim Medis Lapas Narkotika Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melaksanakan Apel pagi petugas dan pegawai sekaligus sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) yang dipimpin langsung oleh Oga Gioffanni Darmawan selaku Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Jakarta beserta Tim medis Lapas Narkotika Jakarta. Senin (16/03). Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan apel area gedung 1 Lapas Narkotika Jakarta yang dimulai pada pukul 07:30 WIB.

Dalam Pelaksanaan Apel, Kalapas menyampaikan amanat sesuai dengan hasil rapat internal Kepala Kantor Wilayah (Ka. Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) se DKI Jakarta. Kalapas menginstruksikan kepada seluruh pejabat struktural agar memberikan sosialisasi kepada keluarga dan warga binaan terkait pencegahan penularan virus corona dengan penutupan sementara kunjungan bagi warga binaan serta menginstruksikan kepada Tim Medis untuk segera melakukan penyemprotan atau sterilisasi menggunakan fogging disinfectan di setiap titik area layanan publik Lapas Narkotika Jakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Kementerian Hukum dan HAM dan diakhiri dengan pembacaan doa bersama serta simulasi pemberian gel antiseptik kepada seluruh peserta apel oleh petugas medis Lapas Narkotika Jakarta.

Setelah pelaksanaan Apel, kemudian dilanjutkan sosialisasi kepada para pengunjung pengguna layanan publik oleh Tim Medis di Ruang Pusat Pelayanan Terpadu Lapas Narkotika Jakarta.

dr. Yusman selaku ketua Tim Medis Lapas Narkotika Jakarta menyampaikan himbauan kepada pengunjung terkait tata cara pencegahan penyebaran dan penularan virus corona. Dalam sosialisasi, Petugas Medis mensimulasikan tata cara mencuci tangan menggunakan sabun cair dan handsanitizer (antiseptik) dengan benar, tata cara etika batuk serta himbauan penggunaan masker bagi penderita batuk.

Selanjutnya langkah preventif yang dilakukan Lapas Narkotika Jakarta dalam mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona yaitu dengan melaksanakan sterillisasi fogging menggunakan cairan disinfectan di masing-masing ruang kerja dan di ruang publik seperti Ruang Pusat pelayanan terpadu, mushola dan toilet serta melakukan skrinning pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner kepada setiap pengunjung guna memutus mata rantai penyebaran virus corona-19.

Kontributor : Gde Dwaja (Tim Humas Lapsustik)