Antusias Warga Binaan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta Dalam Acara Nonton Bareng Film Penumpasan G30S/PKI

LapsustikNews : Selasa (01/10) Antusias dan Semangat terpancar di wajah warga binaan pemasayarakatan (WBP) Narkotika Klas IIA Jakarta ketika mengikuti Kegiatan Nonton Bareng Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI yang diadakan Lapas. Kegiatan ini berlangsung di area Gedung 2 Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta  mulai pukul 09.00 s.d 11.30 WIB, yang diikuti oleh 143 wbp yang mengikuti program, yaitu kegiatan belajar mengajar (PKBM), Theraupetic Community (TC) dan Program Criminon. Selain WBP, acara ini juga dihadiri oleh pelaksana Tugas (PLT) Kepala Lembaga pemasyarakatan (kalapas) Narkotika Klas IIA jakarta Eddy Junaedi, pejabat struktural Narkotika Klas IIA Jakarta serta dihadiri oleh tamu dari suku dinas pendidikan DKI Jakarta, Komunitas Muda Bersejarah dan mahasiswa dari Universitas Jakarta (UNJ).

Acara Nonton Bareng ini merupakan acara perdana yang dilaksanakan di Lapas Narkotika Klas IIA jakarta yang bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai pancasila dan meningkatkan jiwa nasionalisme serta memahami sejarah masa lalu bangsa indonesia yang pernah di rongrong oleh ideologi lain selain pancasila.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari perwakilan Komunitas Muda Bersejarah, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting, untuk merefresh kembali pengetahuan sejarah bangsa indonesia dan meningkatkan jiwa nasionalisme berbangsa dan bernegara. Kemudian setelah itu acara dilanjutkan oleh sambutan plt kalapas Narkotika Klas IIA Jakarta, beliau menghimbau agar WBP mampu memahami perjuangan pahlawan dalam mempertahankan idiologi pancasila dan juga memberikan motivasi agar wbp tetap optimis dalam menjalani hidup dan kehidupan. Kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat oleh plt kalapas Narkotika Klas IIA Jakarta kepada komunitas muda bersejarah sebagai apresiasi atas kehadirannya turut memeriahkan nonton bareng Film Penumpasan G30s/PKI dan sebagai pemantik diskusi dalam kegiatan tersebut.

Pada saat pemutaran film berlangsung wbp sangat antusias dalam mengikuti alur film, hal ini terlihat dengan khidmatnya wbp dalam mengikuti alur cerita dalam film tersebut. “Film ini sangat bagus pak, untuk mengingatkan kembali kita dengan sejarah bangsa, kalau perlu ada pemutaran film lain yang mengisahkan tentang perjuangan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia,” tungkas salah seorang wbp berinisial F.

Acara ini ditutup oleh kesimpulan dari perwakilan Komunitas Muda Bersejarah yang memberikan pesan perlunya pemahaman sejarah dalam upaya peningkatan nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara.

Kontributor: Heri dan Rasyid | Dokumentasi : Tim Humas Lapsustik Jakarta.