Antisipasi Kebakaran, Petugas Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Lakukan Perawatan APAR

LapsustikNews- Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melaksanakan perawatan sarana dan prasarana yakni dengan melakukan perawatan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, Rabu (5/1).

Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan pengecekan kondisi tabung APAR dan isi dari APAR sehingga selalu dalam keadaan prima dan berfungsi dengan baik serta normal dalam penggunaannya. Pengecekan dilakukan dengan kerjasama dengan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur.
Fahrurrozi, salah satu petugas urusan umum menyampaikan bahwa perawatan APAR merupakan salah satu kegiatan rutin untuk mencegah dan mengantisipasi kebakaran yang mungkin saja bisa terjadi.

“Dilakukan perawatan APAR rutin setiap enam bulan sekali. Mulai dari kondisi tabung hingga isi dari APAR itu sendiri dan bagaimana kondisi keseluruhannya.” ungkap Fahrurrozi.

Kepala Urusan Umum, Bisri Mustopa menjelaskan bahwa di Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta tersedia APAR yang ditempatkan di titik-titik strategis di lingkungan lapas.

“Di Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ditempatkan APAR di beberapa titik, mulai dari ruang kerja pegawai hingga setiap blok hunian WBP.” ujar Bisri.

Bisri juga menjelaskan bahwa selain dilakukan perawatan APAR, Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sering mengadakan pelatihan penanggulangan kebakaran.

“Kami juga bekerja sama dengan Sudin Gulkarmat Jaktim untuk mengadakan pelatihan beberapa kali untuk pegawai meliputi pengetahuan mengenai penyebab kebakaran, kendala menangani kebakaran di Jakarta, klasifikasi kebakaran, proses terjadinya kebakaran, prinsip menanggulangi kebakaran, jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR) dan berat (APAB) serta teknik menggunakan APAR dan teknik menanggulangi kebakaran menggunakan berbagai peralatan.” pungkas Bisri.

 

Kontributor: Humas Lapas Narkotika Jakarta