Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapas Narkotika Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya memimpin Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila. Upacara ini merupakan yang pertama setelah 71 tahun Bangsa Indonesia Merdeka.

Upacara digelar di Lapangan Hijau Lapas Narkotika Jakarta, Kamis (1/6) dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta Upacara terdiri dari seluruh pegawai dan Sekitar 700 an Warga Binaan Pemasyaraktan Lapas Narkotika Jakarta.

Tema dari upacara ini adalah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”, dalam Amanatnya Andika membacakan Sambutan Presiden RI dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017.

“Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari Satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Harus di ingat bahwa kodrat bangsa indonesia adalah keberagaman. Taqkdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh Radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu – membahu menggapai cita – cita bangsa sesuai dengan Pancasila.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita. Selamat Hari lahir pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila”.