Praktek Penyusunan Penelitian Kemasyarakatan (LITMAS) Angkatan IX di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – 10 Orang peserta pelatihan calon Pembimbing Kemasyaraktan (PK)  kembali melaksanakan Praktek di Lapas Narkotika Jakarta seperti pada bulan Februari lalu, seperti sebelumnya peserta berasal dari berbagai Balai Pemasyarakatan (BAPAS) seluruh wilayah di Indonesia. Para peserta didampingi oleh 3 pendamping dari BPSDM Kemenkumham. ( 02/07)

Setibanya di Lapas Narkotika Jakarta, para peserta disambut langsung oleh Bapak Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jakarta Asep Sutandar, kemudian para peserta diarahkan menuju ruang Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Lapas Narkotika Jakarta.

Sebelum kegiatan praktek dimulai, para peserta mendapatkan arahan terlebih dahulu dari Kepala Sub Seksi  Bimkemaswat ( Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan ) Jumadi. Dalam arahannya Jumadi Menyampaikan bahwa Lapas Narkotika Jakarta sebetulnya sudah menjalankan Program-Program Pembinaan, seperti Program Pembinaan Kepribadian dan Program Pembinaan Kemandirian. Program-program tersebut telah sukses berjalan dan telah disosialisasikan kepada seluruh Warga Binaan bahwa program-program tersebut wajib diikuti, karena program tersebut merupakan salah satu syarat untuk pengurusan Pembebasan Bersyarat (PB).

 

Para peserta dihadapkan langsung dengan warga binaan untuk dibuatkan bahan laporan penelitian melalui wawancara. “Peserta diklat ini sebelumnya telah mendapatkan materi di BPSDM, ini merupakan hari ke 17 dimana peserta menjalankan diklat selama 20 hari,
peserta diklat ini merupakan angkatan ke- IX dari XVII angkatan”. Ucap Liana sebagai Kasubbid Adm diklat Fungsional BPSDM Kemenkumham.

Selanjutnya, setelah melakukan praktek pada hari ini, para peserta harus membuat laporan yang mana laporan tersebut akan diujikan untuk menentukan kelulusan para peserta.

 

Kontributor : Ayep Saepuloh