Kepala Balitbang HAM Sambangi Lapas Sustik Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Balitbang HAM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Bapak Ma’mun, SH, MH, menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Senin (19/6). Kepala Balitbang HAM disambut oleh Kepala Lapas Narkotika Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, dan pejabat struktural eselon IV dan V. Kunjungan kerja kepala Balitbang HAM ini untuk melihat situasi dan kondisi Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Rombongan kemudian memasuki ruang rapat Kalapas untuk melakukan paparan singkat.

“Kami ingin melihat bagaimana secara real kondisi lapas disini, hal-hal apa yang telah dilakukan dan kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi. Sehingga kami bisa mendorong organisasi untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi lapas ini dan lapas-lapas yang ada di Indonesia,” ungkap Ma’mun menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya.

Kalapas Narkotika Klas IIA Jakarta mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan kerja Kepala balitbang HAM.

“Kami berterima kasih sekali Bapak berkenan mengunjungi lapas ini. Memang permasalahan yang kami hadapi dan mungkin juga dihadapi oleh hampir seluruh lapas diseluruh Indonesia hampir sama, Pak,” ungkap R. Andika memulai penjelasannya mengenai situasi dan kondisi yang dihadapi  Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Setelah mendapat paparan singkat dari Kalapas, Kepala Balitbang HAM kemudian diarahkan untuk melihat fasilitas yang ada di Penjagaan Pintu Utama (P2U), berupa penitipan handphone, x-ray bagasi, body scanner, metal detector, cek body manual alat deteksi narkotika dan stempel ultraviolet. Selanjutnya rombongan melihat pos pengawasan internal (was in) dan fasilitas layanan kunjungan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

 

Kontributor: Sadi Doank (Tim Humas)