Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Lapas Narkotika Jakarta Tahun Buku 2018 “Banjir” hadiah impian

Jakarta, LapsustikNews – Kamis (14/2) pukul 07.30, Koperasi Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Jakarta mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bertempat di Ruang Aula Gedung II Lapas Narkotika Jakarta.

Agenda Utama RAT Koperasi Pegawai Lapas Narkotika Jakarta Tahun Buku 2018 guna membahas dan mengesahkan Anggaran Koperasi Tahun Buku 2018 serta Membahas Rencana Kerja Tahun 2019. RAT Koperasi Pegawai tersebut di buka Oleh Pembina Koperasi Lapas Narkotika Jakarta yang Sekaligus Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar. Dengan di dampingi oleh Ketua Koperasi Lapas Narkotika Jakarta, Basuki Katono.

 

Dalam Sambutanya, Asep menyampaikan “Terima Kasih Kepada Seluruh Pengurus Koperasi yang telah menjalankan Amanah selama tahun 2018 dengan Sangat Baik, sehingga Koperasi Pegawai Lapas Narkotika Jakarta dapat Berkembang dengan Pesat. Kemajuan Koperasi kita ini tidak terlepas dari pada Kerjasama dan Sinergi yang Baik antar Bagian. Baik itu tingkat Pengurus, Pengawas, Anggota Koperasi, maupun Mitra Kerja. Terima kasih atas Kepercayaan Para Anggota dan Support dari para Pengurus dan Pengawas Koperasi selama Tahun Buku 2018. Saya Harap Prestasi yang telah di capai ini dapat terus di pertahankan serta di tingkatkan di masa yang akan datang”.

Kegiatan ini dihadiri pula Oleh Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Kota Jakarta Timur, Samsu Rizal Khadafi. Beliau mengatakan dalam sambutan nya “Koperasi Pegawai Lapas Narkotika Jakarta sejauh ini Berjalan dengan Sangat Baik dan Setiap Tahun nya semakin Meningkat. Peran Pembina, Pengawas, Pengurus, serta Anggota Koperasi menjadi kunci penting dalam meningkat nya Kinerja koperasi ini, maka dari itu Saya Berharap  Kinerja ini dapat terus di pertahankan”.

Sekitar 281 Anggota koperasi yang hadir terlihat sangat antusias mengikuti jalan nya RAT. Kegiatan RAT kali ini “Dibanjiri” dengan puluhan Hadiah Menarik, di antaranya : Sepeda Motor, Sepeda Gowes, AC, Lemari Pendingin, Mesin Cuci, Televisi, Travel Bag, dan Lain-lain. Kesemuanya itu diperuntukan bagi  anggota koperasi yang hadir dengan sistem pengundian.

Kontributor : Budi Leksono

Kegiatan Sidak di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta, Lapsustik News – Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Narkotika Klas IIA Jakarta melaksanakan kegiatan penggeledahan insidentil kamar hunian warga binaan atau sidak yang merupakan salah satu langkah progresif dan upaya serius pemberantasan narkoba di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, (12/2) Kegiatan Sidak dilaksanakan  mulai pukul 19.00 s.d 21.30 WIB, diawali dengan kegiatan apel siaga malam. Sidak dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas), Asep Sutandar, seluruh Pejabat Struktural bersama pegawai Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Kegiatan Sidak tersebut dilaksanakan untuk meminimalisir benda / barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam Lapas seperti Peralatan Elektronik (Listrik / Kabel), HP, Narkoba dan senjata tajam. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Asep Sutandar dalam amanatnya saat apel.

“Bahwa tujuan dari kegiatan sidak malam ini adalah dalam rangka langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba pada minggu kedua di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta,” ucap Asep Sutandar.Continue reading

Langkah Serius Berantas Narkoba, Lapas Narkotika Jakarta Undang Kepala BNN Kota Jakarta Timur

Jakarta-LapsustikNews– Untuk menambah penguatan nilai integritas pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta dalam langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba di dalam lapas, Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mengundang Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur, AKBP Muhammad Nasrun, untuk memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai dan warga binaan, Rabu (13/2). Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dengan BNN,  sebagaimana disampaikan oleh Kepala Lapas (Kalapas), Asep Sutandar, dalam kalimat pembukaan.

“Kegiatan ini merupakan langkah koordinasi kita dan kerja sama untuk menanggulangi bahaya narkoba. Kami siap bekerja sama dengan BNN, BNNP dan BNNK. Tentunya dengan peralatan yang lebih canggih bisa membantu kita dalam memberantas narkoba yang masih menggunakan peralatan secara manual,” ujar Kalapas Narkotika Jakarta tersebut.

Kepala BNNK, Muhammad Nasrun,  mengawali pengarahannya dengan menjelaskan tentang bahayanya narkoba dalam merusak generasi bangsa .

“Pastinya kita semua ingin mempunyai anak yang sholeh. Bagaimana anak kita jadi sholeh alau anak-anak kita sampai menyalahgunakan narkoba, mau jadi apa generasi kita? Oleh karena itu, mari kita jaga diri kita dan generasi kita jangan sampai mengkonsumsi narkoba,” tutup pria kelahiran Aceh tersebut.

Dalam pengarahannya Kepala BNNK menjelaskan tentang pengertian narkoba, penggolongan, jenis narkoba, angka prevalensi pengguna narkoba di Indonesia, jenis-jenis pengguna narkoba, kategori penyalahguna narkoba, keterlibatan oknum aparat, jalur perdagangan narkoba di Indonesia dan pemulihan/rehabilitasi penyalahguna narkoba serta masalah hukum penyalahguna narkoba.

Setelah memberikan pengarahan kepada pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur, AKBP Muhammad Nasrun, juga memberikan pengarahan dan motivasi kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta di Gazebo Lapas didampingi oleh Kepala Lapas (Kalapas), Asep Sutandar dan pejabat struktural dan beberapa pegawai lapas.

“Saya dulu adalah penyidik, banyak penayalahguna narkoba yang saya sudah saya tangkap dan masuk kesini. Teman-teman semua jika nanti sudah bebas dari sini, tolong sampaikan kepada teman-teman dan keluarga diluar. Jangan sampai meraka menyalahgunakan narkoba dan bernasib seperti teman-teman disini,” lanjut Muhammad Nasrun.

Selanjutnya, Kepala BNNK Jakarta Timur tersebut menjelaskan tentang nakoba dan bahayannya.

 

Kontributor: Raiver Orlando Sinambela (Tim Humas Lapsustikjkt).

LAGI DAN LAGI, PEGAWAI LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA JAKARTA DITES URINE

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, melaksanakan tes urine terhadap 102 orang Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) yang ada di lingkungan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, antara lain Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta ( Kalapas), seluruh Pejabat Struktural, serta jajaran staf dan regu pengamanan. Pemeriksaan urine ini dilakukan setelah pelaksanaan apel bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta. Rabu (13/02).

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala dan dilakukan mendadak dengan melibatkan Dokter dan Perawat yang bertugas di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

“Tes urine ini merupakan bentuk kepedulian Lembaga Pemasyarakatan  terhadap Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ), serta bentuk kontrol pimpinan terhadap jajaran yang ada di lingkungan Lapas ”, tutur kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta, Asep Sutandar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta turut memantau jalannya kegiatan tersebut. Pemeriksaan urine ini dilakukan terhadap 100 orang pegawai laki-laki dan 2 orang pegawai wanita, dengan hasil keseluruhan Negatif.

Kontributor : Eky (Tim Humas)

Apel Pagi Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Jakarta yang di pimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Bambang Soemardiono selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta memimpin Apel Pagi Bersama di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Rabu (13/02).

Apel Pagi Bersama ini, dilaksanakan di Lapangan Apel Gedung 1 Lapas Narkotika Jakarta. Kegiatan yang di mulai pada pukul 07.30 pagi ini di ikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Asep Sutandar, Jajaran Pejabat Struktural, Jajaran Pejabat Fungsional Umum, Jajaran Pejabat Fungsional Tertentu, dan Petugas Regu Pengamanan.

Dalam Kesempatan ini Kakanwil menyampaikan antara lain :

  1. “Sudah menjadi Agenda Rutin di Tahun 2019 ini, saya selaku Kepala Kanwil telah melakukan Safari Apel baik di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan maupun Imigrasi, dan kali ini saya memimpin Apel di Lapas Narkotika Jakarta”.
  2. “Seluruh Pegawai Lapas Narkotika yang mengikuti Apel pagi ini sudah cukup baik dan rapi dalam memakai kelengkapan Atribut Pakaian Dinas yang telah di tetapkan, hanya saja masih ada beberapa yang memakai sepatu PDH non tali, dalam hal ini saya minta di Akhir bulan februari 2019 agar segera di lengkapi semua”.
  3. Kepada Para Pejabat Struktural Lapas Narkotika Jakarta harus dapat memberikan Contoh atau Teladan kepada jajaran nya dengan bersikap Disiplin, baik Disiplin dalam Berpakaian Dinas, maupun Disiplin dalam Bertugas”.
  4. Lapas Narkotika Jakarta di Tahun 2019 ini sedang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), maka sudah selayaknya Seluruh Pejabat dan Pegawai dilarang keras melakukan tindakan Pungutan Liar (Pungli) dan Gratifikasi dalam bentuk apapun, apabila ada oknum yang menghambat terwujudnya Zona Integritas WBK segera di proses sesuai aturan.
  5. Terkait Menghadapi Pemilu 2019 sebagai ASN kita wajib bersikap Netral. Jaga perilaku dari hal – hal yang bisa menimbulkan masalah seperti photo selfie dengan memperlihatkan kode – kode tangan yang mengarah pada salah satu pasangan Calon.

Selain memimpin Apel Pagi, Kakanwil turut memeriksa kelengkapan Atribut Seragam Dinas Petugas sekaligus menyaksikan Pelaksanaan Kegiatan Tes Urine Pegawai Lapas Narkotika Jakarta yang di laksanakan di Lantai 2 Gedung 1 Lapas Narkotika Jakarta.

Kontributor : Budi Leksono

100 Aparatur Sipil Negara (ASN) Muda Angkatan 2017 Mengikuti Kegiatan Pembaretan Di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta-LapsustikNews– Dalam rangka melaksanakan surat perintah Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas IIA Jakarta nomor W.10.PAS.PAS.2.KP.08.07-0411 tanggal 06 Februari 2019, Jum’at (08/02), 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) Angkatan 2017 mengikuti Apel Sore sebagai Pembukaan Kegiatan Pembaretan di Lapangan Hijau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta. Pelaksanaan Apel dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Jabatan Fungsional Umum (JFU), Tertentu (JFT) dan seluruh Pegawai ASN Muda Angkatan 2017.

Sebelum kegiatan Apel Pembukaan dimulai seluruh ASN Muda Angkatan 2017 Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta wajib mengikuti tes kesehatan fisik yang diperiksa oleh Tim Medis Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, untuk mengetahui tingkat kesiapan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembaretan yang dilaksanakan pada malam hari.

Acara Apel dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pemasyarakatan yang dipimpin dirigen oleh Dahliya Maharani, dilanjutkan dengan Pembacaan Janji Tunas Pengayoman yang dibacakan oleh Syaefulloh dan diikuti seluruh ASN Muda Angkatan 2017 Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, lalu acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta pembaretan ASN Muda yang diwakili 3 orang peserta ASN Muda terpilih.

Kegiatan Apel Pembukaan Pembaretan dipimpin dan dibuka resmi  oleh Soeistanto Poedji selaku Kepala Seksi Binadik Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mewakili Kalapas yang berhalangan hadir, Jumadi selaku Kepala Subsi Bimkemaswat bertindak sebagai Komandan Apel. Kemudian Soeistanto Poedji membacakan amanat dari Kalapas Narkotika Klas IIA Jakarta menyampaikan “Kegiatan pembaretan yang dilaksanakan pada hari ini, tentunya juga mempunyai maksud dan I’tikad yang mulia, dimana saudara semua akan diajarkan tentang sebuah Perjuangan, Usaha, Kebersamaan dan Jiwa Korsa. Untuk dapat menggunakan Baret ternyata tidak semudah yang saudara sangka, karena baret selain merupakan bagian dari Atribut Kedinasan, namun merupakan perlambangan kewibawaan organisasi kita. Untuk itu perlulah kiranya kita pupuk kembali semangat perjuangan untuk meraih itu melalui kegiatan Pembaretan ini.”

Selanjutnya seluruh peserta menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan diakhiri dengan pembacaan do’a yang dibawakan oleh Hermansyah.

Setelah melaksanakan Apel Pembukaan Pembaretan, seluruh peserta ASN Muda Tahun Angkatan 2017 Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mempersiapkan diri mengikuti serangkaian susunan acara kegiatan pembaretan diawali dengan pembekalan materi yang dibawakan oleh Lis Susanti selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Heri Purnomo sebagai Kepala Seksi Administrasi Keamanan (Adkam) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta tentang Visi dan Misi serta Tugas dan Fungsi Organisasi dan Tata Kerja (ORTA) Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selepas pemberian materi  ORTA Kemenkumham RI, peserta ASN Muda Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mengikuti kegiatan Dinamika Kelompok yang dipimpin oleh Winanti beserta Tim dari Bimbingan Pemasyarakatan (Bimpas) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Kemudian tepat pukul 21.00 wib peserta ASN Muda mulai melaksanakan kegiatan Longmarch sepanjang 15 KM dari Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta menuju tiap POS I sampai POS V dimana setiap POS mereka akan bertemu Tim Penguji Materi dan harus mampu menjawabnya dengan benar sesuai dengan pembekalan materi yang telah mereka dapatkan sebelumya.

Acara berakhir dengan kegiatan pembaretan, muhasabah dan siraman air kembang di Area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cipinang Kota Besar Administrasi Jakarta Timur yang dipimpin langsung oleh Asep Sutandar selaku Kepala Lapas  yang didampingi oleh  Pejabat Struktural dan Pegawai  Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana dalam kegiatan pembaretan tersebut.

 

Kontributor : Nurmala Dewi (Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta)

Bukti Langkah Progresif Dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba, Kepala Lapas Narkotika Jakarta Memberikan Penguatan Nilai Integritas Kepada Petugas Regu Pengamanan (Rupam)

Jakarta, LapsustikNews –  Rabu (06/02) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta memberikan Penguatan Nilai Integritas kepada Petugas Regu Pengamanan (Rupam) yang di Laksanakan di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Utama Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.  Kegiatan dihadiri oleh Kepala Lapas, Pejabat Struktural, Pegawai Negeri Sipil Angkatan 2017 dan Pegawai Regu Pengaman.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hal yang disampaikan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Sri Puguh Utami saat memberikan pengarahan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan seluruh Indonesia melalui media teleconference, Minggu (03/02) pukul 15.00 s.d 16.30 wib di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), dalam upaya memberantas peredaran narkoba di lapas maupun rumah tahanan negara (rutan), terutama yang disinyalir dikendalikan oleh narapidana dan Ditjen PAS akan menghentikan peredaran handphone di Lapas/Rutan.

Acara diisi langsung arahan materi dari Asep Sutandar sebagai Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta sebagai berikut :

  1. Badan Narkotika Nasional Melalui Kelengkapan dan Kewenangan Melakukan Penyadapan dan telah mendeteksi modulasi komunikasi Narapidana melalui Handphone (HP)
  2. Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta harus bersih dari peredaran narkoba sebagai tanda dalam bulan ini ada 4 minggu ada yang diperintahkan kepada kita untuk progress zero peredaran HP dan Narkoba.
  3. Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) dan Kamtib melaksanakan 2x seminggu Lapas Sidak selalu ada HP, kita harus prihatin dan parahnya ada indikasi HP difasilitasi alias dipinjamkan petugas sedangkan WBP nya punya simcard. Semoga kejadian ini segera berhenti dan jangan ada lagi apapun alasannya pegawai untuk membawa HP ke dalam Lapas (Gedung 2 dan 3) dimana lokasi dekat dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP-red).
  4. Jaga Kebersihan dan Kerapihan dalam berpakaian dinas supaya bisa menjaga wibawa dan contoh yang baik bagi WBP.
  5. Harus Gunakan bahasa Tegas ke WBP jangan menjadi profokatif.
  6. Petugas dan WBP harus dukung aturan lapas yang berlaku bila perlu berikan reward langsung bagi WBP jika selama ada di lapas berperilaku baik.
  7. Hindari sejauh mungkin komunikasi intens dengan WBP, kalaupun mau bicara yang penting saja jangan berlebihan.

Lis Susanti selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha “Untuk mendukung langkah keseriusan pencegahan narkoba dengan mensterilkan hp ke dalam lapas, bagian fasilitatif telah menyiapkan one man one locker (setiap orang dapat satu tempat loker penyimpanan hp-red), apabila pegawai melihat napi gunakan HP berikan sanksi yang tegas yaitu masukan ke buku reg F, bekerjasama yang baiklah dengan koperasi jangan ada lagi penjualan illegal semua harus lewat mitra dan terakhir bekerjalah dengan disiplin (ontime-red) meski punya usaha di luar tapi ingat kewajiban waktu bekerja harus tetap dijaga.”

Selanjutnya Doddy Naksabani sebagai Kepala KPLP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta juga menambahkan “Banyaklah bersyukur kita yang sudah tinggal di Jakarta, Tolong Usahakan Jangan telat lagi saat kerja malu kita sama petugas lainnya.”

Kepala Seksi Administrasi Keamanan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yakni Heri Purnomo menyampaikan dukungannya agar “Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta harus steril dari penggunaan HP di Area Gedung lokasi yang berdekatan dengan keberadaan WBP, selama 24 Jam kita harus bisa melaksanakan Standar Operator Prosedur (SOP-red) dalam bekerja dan fokus.”

Kemudian Aris Triyanto selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta menyampaikan “Segera hentikan peredaran penggunaan HP di dalam Lapas, jangan tergiur dengan iming-iming hadiah dari WBP, lebih baik kita hindari karena semua tindak tanduk perilaku kita terpantau oleh pimpinan.” Aris pun menambahkan “Bekerjalah dengan komitmen yang baik, disiplin dan penuh tanggungjawab tetap waspada dengan gangguan keamanan dan ketertiban selama bekerja.”

 

Kontributor : Nurmala Dewi (Tim Humas Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta)

 

Pelaksanaan Tahun Baru Imlek 2570 BE tahun 2019 di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

  Jakarta, LapsustikNews – Selasa, (5/2) Perayaan Imlek dilapas narkotika merupakan perayaan yang tiap tahunnya rutin dilaksanakan. Perayaan ini dengan khidmat dilaksanakan oleh warga Binaan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kalapas, Pejabat Struktural dan Staf serta dihadiri oleh yayasan Dhamacaka Jakarta.

“Tema pelaksanaan Tahun Baru Imlek 2570 BE tahun 2019 di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta adalah ‘Tumbuh dan Kembangkan Kesadaran Kepada Sesama dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Acara ini dibuka dengan Kata sambutan dari Bapak Asep Sutandar Selaku Kalapas Narkotika Klas IIA Jakarta. “Oleh karena itu, saya selaku Kalapas mengajak semua warga binaan, agar tetap memupuk rasa persatuan dan kesatuan, kesadaran berbangsa dan bernegara dan menjaga keamanan di Lingkungan Lapas agar kegiatan sakral seperti ini dapat kita lakukan setiap tahunnya. Dan saya berharap, kelak saudara-saudara setelah keluar dari lapas ini, ada perubahan menuju kehidupan yang lebih baik lagi. Momen ini jadikanlah bukan hanya sebagai perayaan semata, namun juga dimaknai dengan adanya perubahan hidup ke arah yang lebih baik”, ucap Asep dalam sambutannya.Continue reading

Cegah KLB Demam Berdarah, WBP Lapas Narkotika Jakarta Dilatih Menjadi Jumantik

Jakarta-LapsustikNews– Memasuki musim penghujan diawal tahun 2019, dimana munculnya banyak genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk vektor penyakit demam berdarah dengue (DBD), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)Narkotika Klas IIA Jakarta bekerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Timur mengadakan pelatihan Juru Pengamat Jentik (Jumantik) bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Kamis (31/1). WBP yang menjadi jumantik diharapkan akan membantu petugas dalam membrantas jentik dan sarang nyamuk sehingga dapat mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik Lapas Narkotika Jakarta, Soeistanto Pudji Djatmiko.

“Bahwa petugas medis, dokter dan perawat yang kita miliki adalah terbatas. Sehingga melibatkan warga binaan  dari program pembinaan dan perwakilan semua blok untuk menjadi jumantik akan sangat membantu kita semua mencegah KLB demam berdarah di lapas ini. Kalian nanti akan menjadi kepanjangan tangan kami dalam memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Caranya bagaimana? Nanti kita simak penjelasan narasumber dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur,” ucap Soeistanto dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.

Suprono, selaku narasumber dari program P2TVZ Seksi P2P Sudin Kesehatan Jakarta Timur, mengatakan bahwa mencegah wabah DBD bisa dilakukan dengan 3M+.

“Dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk atau PSN bisa dilakukan dengan 3M plus, yaitu menguras, mengubur dan membakar plus menanam tanaman penghalau nyamuk, seperti bunga lavender. Untuk di Jakarta sendiri kita biasanya kesulitan untuk membakar dan mengubur, maka bisa diganti dengan medaur ulang bahan-bahan yang bisa menimbulkan genangan air, seperti kaleng bekas dan botol bekas,” ucap Suprono memberikan penjelasan kepada peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh sebanyak 54 orang WBP yang merupakan perwakilan program pembinaan kader kesehatan, pramuka, santri, criminon, terapi komplementer, PKBM dan perwakilan tiap blok hunian.

   

 

Kontributor: Sadi (Tim Humas Lapsustikjkt).

 

PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PNS TERHADAP 100 ORANG CPNS DI LAPAS NARKOTIKA KLAS IIA JAKARTA

Jakarta, LapsustikNews –Sebanyak 100 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta diambil sumpah/janji Menjadi Pegawai Negeri Sipil, Jumat  (01/02). Kegiatan tersebut terkoneksi melalui aplikasi Zoom ke seluruh Kantor Wilayah dan Unit Pelayanan Teknis yang terpusat di Balai Sarbini Jakarta, yang dihadiri oleh  Menteri Hukum Dan HAM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman, perwakilan dari LAN dan BKN.

Dalam sambutannya sekaligus membuka masa Orientasi CPNS dan peresmian E-learning. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan “ yang saya kasihi dan banggakan, anak-anak saya PNS yang baru saja mengucapkan sumpahnya dan CPNS yang akan segera mengikuti latihan Dasar (latsar) ini adalah Tunas-Tunas Pengayoman yang akan menentukan masa depan Kementerian Hukum dan HAM 20-25 Tahun kedepan. Saudara adalah ujung tombak bagaimana berjalannya kementerian Hukum dan HAM”.

“pada kesempatan ini saya ucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak terutama Bapak Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, BKN dan LAN yang terus mendampingi PNS kita dalam rangka pendidikan mereka, secara khusus kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah memberikan kepercayaan dan kerjasama yang baik dalam Kementerian Hukum dan HAM sehingga kita bisa melaksanakan seleksi CPNS 2017 dan 2018 dengan sangat baik, transparan dan bersih” Lanjut Beliau.

Acara pengambilan sumpah/janji di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta  di hadiri oleh seluruh pejabat struktural dan 4 orang Rohaniawan dari Kementrian Agama, yaitu, Dari Agama Islam dihadiri oleh Drs. H. Mohammad Jandan Zaeni D, MH, Kristen dihadiri oleh Nanang Dwi Jaryanto, S.Th, Katolik dihadiri oleh Antonius Sinaga, SS, dan Hindu dihadiri oleh Ketut Budiasa, M.FIL.H. Acara tersebut berjalan dengan khidmat dan Lancar. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Asep Sutandar memimpin langsung kegiatan dengan memandu membaca naskah sumpah/janji PNS. Setelah pembacaan sumpah/janji langsung dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah dan Pembacaan janji Tunas Pengayoman.

Kontributor : Eky (Tim Humas)