UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE – 110 TAHUN 2018 DI LAPAS NARKOTIKA JAKARTA

Jakarta,Lapsustiknews– Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas II A Jakarta, Asep Sutandar bertindak sebagai Pembina Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke  -110 Tahun 2018. Upacara di laksanakan di Lapangan Hijau Lapas Narkotika Jakarta, Senin (21/05) dimulai pukul 08.00 WIB.

Peserta Upacara terdiri dari Pegawai Lapas Narkotika Jakarta dan Sekitar 500 an Warga Binaan Pemasyarakatan Peserta Program Pembinaan di Lapas Narkotika Jakarta. Tema dari upacara ini adalah “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital” dalam amanatnya, Asep membacakan Pidato Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

Dulu kita bisa, dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. Seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serbadigital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita. Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di Lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa ditahun-tahun mendatang.

Selain kegiatan upacara peringatan Hari Kebangkitan Naasional, Kalapas Asep Sutandar juga melaksanakan pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. “Semoga dengan adanya pengukuhan ini dapat menjadi momentum semangat bagi narapidana untuk berperan dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga binaan pemasyarakatan yang baik dan bertanggung jawab, dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai bakti kepada negeri, merah putihnya narapidana. Semoga Alloh SWT yang maha mengetahui selalu melindungi kita semua, aamiin ya robbal a’lamiin”. Ucap Asep Sutandar.

 

Kontributor : Nurmala Dewi ( Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta )

 

Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana

Jakarta Lapsustiknews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melaksanakan kegiatan apel pagi bersama untuk menyambut kegiatan “Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana” sekaligus penyerahan alat kerja untuk mendukung kegiatan pengecatan gedung kantor dan pembersihan lingkungan kantor secara serentak, di Halaman Depan Gedung Utama Lapas Narkotika Jakarta, Minggu (20/05).

Kegiatan apel pagi dimulai pukul 08.00  diikuti seluruh pejabat struktural,pegawai dan 60 warga binaan pemasyarakatan yang juga dihadiri oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi. Kegiatan apel bersama ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Asep Sutandar dimulai dengan penyerahan alat kerja untuk mendukung kegiatan pengecatan gedung kantor dan pembersihan lingkungan kantor secara serentak yang diserahkan oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi kepada 4 orang perwakilan dari warga binaan yang didampingi Kalapas Narkotika Jakarta.

Sambutan dari Asep Sutandar selaku Kalapas menyampaikan bahwa “Kegiatan Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana sebagai wujud nyata peran aktif narapidana dalam pembangunan di masyarakat yang diharapkan agar narapidana bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.

Selesai apel kegiatan dilanjutkan dengan kerja bakti (bersih-bersih), pengecatan dinding kantor Lapas Narkotika Jakarta yang dilakukan serentak 60 narapidana didampingi seluruh pejabat struktural dan pegawai Lapas Narkotika Jakarta seputar area halaman depan, halaman belakang, halaman samping Kantor Imigrasi Jakarta Timur,area PasMart Lapas Narkotika Jakarta dan area sekitar Pos RS Pengayoman.

Selanjutnya, pada jam 11.25  Direktur Jenderal Pemasyarakatan berkenan melaksanakan monitoring pelaksanaan kegiatan dan secara simbolis menyerahkan cinderamata kepada Bapak Asep Sutandar. Setelah ikut melakukan monitoring di Lapas Narkotika Jakarta kemudian beliau bertolak untuk melakukan monitoring selanjutnya ke UPT di Wilayah Cipinang dan Pondok Bambu Jakarta

 

(Kontributor : Nurmala Dewi, Dokumentasi: Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta)

KAJIAN DZUHUR BERSAMA AA GYM, MENUTUP RANGKAIAN KEGIATAN DALAM MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN DI LAPAS NARKOTIKA JAKARTA

Kyai Haji Abdullah Gymnastiar atau yang biasa disapa akrab dengan panggilan Aa’ Gym, memimpin Shalat Dzuhur berjama’ah di Masjid Da’arusy Syifa bersama dengan Pimpinan Tinggi Madya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil. Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Musyawarah Pimpindan Daerah, Petugas dan warga binaan Lapas Narkotika Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Adapun tujuan kedatangan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid ke Lapas Narkotika Jakarta adalah dalam rangka memberikan Kajian Dzuhur untuk Petugas dan Narapidana Lapas Narkotika Jakarta. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiyono, dan Kepala UPT Kanwilkumham DKI Jakarta.

Acara diawali dengan Shalat Dzuhur Berjama’ah, dan dibuka dengan Laporan Kalapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar. Dalam laporannya Asep menyampaikan, kegiatan Kajian Dzuhur kali ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Keagamaan dalam menyambut Bulan

Suci Ramadhan 1439 H dimana sebelumnya telah dilaksanakan Munggahan, Isra Mi’raj, Muslimah Berhijrah oleh Khadijah (Peggy Melati Sukma). “Akan banyak kegiatan keagamaan yang akan kami laksanakan selama bulan ramadhan tahun ini, seperti Pesantren Ramadhan bekerjasama dengan Kanwil. Kementerian Agama Jakarta, Safari Ramadhan, Tadarus, Nuzulul Qur’an, dan Shalat Ied” papar Asep dalam Laporannya.

Ibu Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami memberikan Apresiasi kepada Lapas Narkotika Jakarta atas rangkaian kegiatan keagamaan yang telah dilaksanakan selama menyambut Bulan Suci Ramadhan kali ini, dengan harapan agar paket-paket kegiatan yang sudah disiapkan dapat teroptimalisasi dan mendapatkan Ridho dari Allah SWT. “ Satu Bulan hanyalah waktu yang pendek, untuk itu jangan jadikan Puasa alasan untuk kita tidak berenergi” ujar Utami sapaan hangat untuk wanita nomor 1 di Pemasyarakatan ini dalam sambutannya. Selepas memberikan sambutan, Utami menyerahkan Cindera Mata kepada Aa Gym berupa Kaligrafi yang berlafadzkan Ayat Kursi hasil karya salah satu Warga Binaan Lapas Narkotika Jakarta, dan Penyematan Tanda Peserta Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan bagi Narapidana Lapas Narkotika Jakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan Kajian Dzuhur oleh Aa Gym, yang mengangkat tema Kesabaran. Dalam kajian dzuhurnya Aa Gym berpesan kepada jamaah, jangan takut akan rejeki, jangan takut akan semua ketetapan Allah, jangan takut akan apa yang terjadi pada diri kita di dunia ini, bila ada pahit dalam hidup segeralah berevaluasi diri. “di dalam, di luar sama saja, makin tua makin rugi kecuali 4 hal yakni yang makin kuat imannya, yang semua waktunya menjadi amal soleh, yang selalu berwasiat dalam kebenaran dan yang meningkat kualitas kesabaran serta senang mengajak orang lain bersabar” pesan Aa Gym dalam Kajian Dzuhur pada kali ini. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Aa Gym, dengan harapan semoga kita semua senantiasa diberikan kesabaran, dan amal ibadah di Bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT.

(Kontributor : Selvita, Dokumentasi : Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta)

Pengajian Bersama Peggy Melati Sukma di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Jakarta,Lapsustiknews –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melaksanakan pengajian tabligh akbar majelis taklim khairunnisa bersama Peggy Melati Sukma yang kini punya nama hijrahnya dengan nama Teteh Khadijah,Senin (14/05), yang dihadiri oleh Ka.Subag Tata Usaha,Ka.Ur Kepegawaian,Tamu Undangan yang hadir dari seluruh UPT se-DKI Jakarta dan Tangerang,Pengurus Dharma Wanita Lapas Narkotika Jakarta,Tokoh-tokoh muslimah Cipinang Besar Utara dan Jama’ah Taklim Khairunnisa yang juga sebagai Staf Pegawai Lapas Narkotika dilaksanakan di Aula Gedung 1. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama komunitas DarutTauhid-peduli dengan Majelis Taklim Khairunnisa yang didukung oleh Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Continue reading

Peringatan Isra’ Mi’raj 1439 H di Lapas Narkotika Jakarta

Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H dengan penceramah Ustadz Hari Sanusi, bertempat di Masjid Da’arusy Syifa Lapas Narkotika Jakarta Rabu (09/05/2018).

 

 

Dalam ceramahnya Ustadz Hari Sanusi menjelaskan secara singkat sejarah peristiwa Isra’ Mi’raj. Dimana Rasullulah menerima perintah shalat 5 waktu dalam sehari semalam melalui perjalanan malam naik ke langit, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. “Hidup kita sangat singkat, sangat rugi orang yang hidup hanya mengeluh, sedih, galau. Akan ada kehidupan setelah hidup ini, jangan berkecil hati wahai saudaraku yang ada di Penjara” nasihat Ustadz Hari Sanusi dalam ceramahnya.

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Petugas dan Narapidana yang beragama Islam, khususnya para Narapidana yang mengikuti Program Santri dan Tahfidz. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh salah satu warga binaan Kelas Santri Muhammad Ali. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Kalapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar. Dalam sambutannya Asep mengucapkan terimakasih kepada Ustadz Hari Sanusi, beserta kepada para Petugas Lapas Narkotika Jakarta yang telah meluangkan waktu dan niat dalam menghadiri peringatan Isra’ Miraj 1439 H. Kegiatan ditutup dengan pemberian santunan kepada 40 anak yatim piatu, sebagai wujud rasa syukur ke Hadirat Allah SWT.

(Kontributor : Selvita – Tim Humas Lapas Narkotika Jakarta)

PERKUAT KERJASAMA LUAR NEGERI, DIREKTORAT JENDERAL PEMASYARAKATAN MENGAJAK DIREKTUR PENJARA BANGLADESH KE LAPAS NARKOTIKA JAKARTA

“Since we’re all work in the same business, i believe that we can use this opportunity to share knowledge and exchange experiences” itulah kata sambutan yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Harun Sulianto, kepada para Delegasi Department of Narcotics Control Bangladesh, yang mengunjungi Lapas Narkotika Jakarta pada hari Senin, 07 Mei 2018.

Delegasi Negara Bangladesh yang diketuai oleh Md. Azizul Islam selaku Direktur Penjara Bangladesh, tiba di Lapas Narkotika Jakarta pukul 09.30 WIB dan disambut langsung oleh Kalapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar beserta Jajarannya. Rombongan langsung diarahkan menuju gedung II. Sebelum tiba di gedung II, rombongan diperkenalkan dengan sistem keamanan yang ada di Pintu Pengamanan Utama (P2U) seperti penggunaan X-Ray, Body Scanner, Metal Detector.

Continue reading

Pelepasan Pegawai Dan Munggahan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijiryah di Lapas Narkotika Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melepas 8 (delapan) orang pegawainya dikarenakan promosi dan pindah tugas, (Senin, 7/5). Pegawai yang mendapat promosi yaitu David Nuriman yang promosi menjadi Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Registrasi Klien Anak pada Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klas I Jakarta Selatan. Sedangkan pegawai yang mutasi yaitu Angga Ferdiansyah, Ferdian Ansori, Joko Mangunkoro, Irwan, Hari Kurniawan, Agung dan Perrial Sopiadi. Ketujuh orang tersebut dipindahtugaskan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM DKI Jakarta. Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Asep Sutandar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita harus bekerja sebaik-baiknya dimanapun kita bekerja.

Continue reading

Pembukaan Program Rehabilitasi Sosial Therapeutic Community (TC) dan Family Support Group (FSG) Tahun 2018 Di Lapas Narkotika Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Jakarta melaksanakan Kegiatan Pembukaan Program Rehabilitasi Sosial Therapeutic Community (TC) bagi Penyalahguna Narkotika Warga Binaan Pemasyarakatan, Selasa (8/05) yang di mulai pada pukul 09.00 Pagi.

Bertempat di Area Gedung II Lapas Narkotika Jakarta, Kegiatan Rehabilitasi Sosial (TC) ini di ikuti oleh 30 Orang Peserta (Family) dan 6 Orang PC atau Mentor, dengan menggunakan Anggaran DIPA Lapas Narkotika Jakarta Tahun 2018.

Acara Pembukaan Program Rehabilitasi ini di Buka Oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Jakarta, Asep Sutandar. Serta di hadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah DKI Jakarta, Bapak Arpan. Kepala Seksi (KaSie) Penguatan Lembaga Rehabilitasi (PLR) Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta, dr. Ruth. Kasie Rehabilitasi BNN Kabupaten / Kota Jakarta Timur, Ibu Wina. Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, yang di Wakili Oleh Bapak Kokon Sukanda. Serta turut hadir Keluarga dari Warga Binaan Pemasyarakatan yang akan mengikuti Program Rehabilitasi.

Continue reading

15 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Jakarta ikuti UNBK Tahun 2018

Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Jakarta, ke 15 WBP Lapas Narkotika Jakarta yang tergabung dalam Program Pembinaan PKBM “Pandu Pelajar Mandiri” di berikan kesempatan untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

UNBK mulai dilaksanakan pada hari Jum’at (27/04) hingga selesai nanti Senin (30/04) yang bertempat di Ruang PKBM milik Lapas Narkotika Jakarta. Siswa Binaan peserta UNBK tersebut terdiri dari peserta Program Kesetaraan Paket C. Selain 15 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Jakarta, juga ditambah 6 siswa yang berasal dari Luar Lapas.

Pihak Lapas bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Cipta Karya Informatika untuk menyediakan sedikitnya 25 Unit Komputer sebagai Sarana menunjang pelaksanaan UNBK. Adapun Pengawas Ujian berasal dari Petugas Lapas yang sekaligus Ketua PKBM, yaitu Bapak Moch Haidar Fikri dengan di dampingi oleh Ibu Lina dari Bagian Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Narapidana (Bimkemaswat). Pada hari pertama pelaksanaan UNBK, hadir pula Penilik Sekolah dari Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Timur, Ibu Sri Hartini.

Continue reading

PKBM Lapas Narkotika Jakarta untuk kedua kalinya Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD Dikmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta

Jakarta, Lapsustik News – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta kembali meraih prestasi sebagai juara I Lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK Paud Dikmas) Kategori Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) tingkat Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan hari Rabu (25/04) pukul 10.00 wib, bertempat di SMKN I Jakarta (STM I Budi Utomo).  Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Lomba Apresiasi GTK Paud Dikmas ini diikuti oleh seluruh perwakilan dari wilayah Jakarta Timur 1 dan 2, Pusat 1 dan 2, Selatan 1 dan 2, Barat 1 dan 2, Utara 1 dan 2 dan kepulauan seribu. Acara ini bertujuan memberikan apresiasi bagi para Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas Provinsi DKI Jakarta berprestasi. PKBM Pandu Pelajar Mandiri Lapas Narkotika Jakarta mendapatkan juara 1 kategori Pengelola PKBM seluruh DKI Jakarta dan akan mewakili provinsi DKI Jakarta ke Level tingkat Nasional yang akan diadakan di kota Pontianak Kalimantan Barat.

Continue reading