Delegasi Negara Thailand Sambangi Lapas Narkotika Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Narkotika Klas IIA Jakarta mendapat kehormatan berupa kunjungan delegasi negara Thailand, yang dipimpin oleh Director of Takprovincial Probation Office Measot Branch, Mr. Prasert Intharat, Selasa (16/3). Ada tiga hal yang ingin diketahui oleh Mr. Prasert dalam kunjungannya, yaitu program rehabilitasi, proses pemindahan narapidana dan kerja sama yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Jakarta.

“Kedatangan kami kesini untuk mengetahui tiga hal. Pertama adalah program rehabilitasi yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Jakarta. Kedua, yaitu security ketika narapidana dipindahkan ke lapas yang lain. Dan yang ketiga adalah terkait kerja sama apa saja yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Jakarta dalam mendukung kegiatan rehabilitasi”, terang Helmina, Kepala Seksi (Kasie) Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Tehnologi Informasi  dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, yang mendampingi delegasi negara Thailand tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar, secara gamblang menjelaskan terkait kegiatan rehabilitasi, keamanan saat pemindahan narapidana dan kerja sama yang telah dilakukan dalam mendukung kegiatan rehabilitasi di Lapas Narkotika Jakarta.

“Tahun 2016 kita melakukan rehabilitasi terhadap 700 orang narapidana bekerja sama BNN (Badan Narkotika Nasional-Red). Tapi saat ini kita sudah tidak ada lagi kerja sama, sehingga anggaran kami sangat terbatas untuk melakukan rehabilitasi. Anggaran kami hanya mampu membiayai rehabilitasi sebanyak 30 orang dalam satu tahun. Padahal warga kami berjumlah 2700-an. Jadi dari anggaran yang sangat terbatas, kami berusaha tetap melakukan kegiatan rehabilitasi”, ucap Asep Sutandar dalam penjelasannya yang didampingi oleh Kasie Pmbinaan, Kasie Administrasi Keamanan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Koordinator Rehabilitasi Therapeutic Community.

Kontributor : Sadi Doank (Tim Humas Lapsustik)