BNN Dan Balai Besar Rehabilitasi Lido Belajar Kelola Kegiatan Vokasional Di Lapas Narkotika Jakarta

Jakarta, LapsustikNews – Sebanyak 6 orang Pejabat Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Balai Besar Rehabilitasi Lido mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Kamis (24/5). Kunjungan tersebut dalam rangka mengetahui pengelolaan dan pemasaran hasil karya balai latihan kerja warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Jakarta. Demikian disampaikan oleh Sri Bardiyati, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Fasilitasi Lembaga Rehabilitasi Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) BNN kepada Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Asep Sutandar.

“Dalam rangka menindaklanjuti rencana pengembangan Balai Besar Lido menjadi Pusat Unggulan Layanan Rehabilitasi Narkoba maka kami ingin mengetahui pengelolaan dan pemasaran hasil karya balai latihan kerja warga binaan di lapas ini. Bagaimana modalnya, bagaimana produksinya dan bagaimana pemasarannya. Kok bisa terus jalan kegiatannya. Bagaimana pengelolaan yang dilakukan oleh Lapas Narkotika ini? Karena dalam kegiatan rehab yang kami lakukan ini ada kegiatan namanya vokasional, yang mana kegiatan tersebut berisi pelatihan kepada residen (peserta rehab-red), yang isinya mungkin kurang lebih seperti balai latihan kerja di lapas. Itulah makannya kami kesini, karena kami ingin di Lido bisa jalan seperti disini kegiatan vokasionalnya”, ucap Sri Bardiyati.

Kalapas Narkotika Jakarta menyambut baik kegiatan audiensi dan kunjungan rombongan dari BNN. Karena sebelumnya Lapas Narkotika juga pernah bekerja sama dengan BNN dalam merehabilitasi WBP pemakai narkoba.

“Tentu suatu kehormatan bagi kami mendapat kunjungan Bapak – Ibu dari BNN dan Balai Besar Rehabilitasi Lido. Sebelumnya juga kita telah bekerja sama dengan BNN dalam program rehabilitasi 700 WBP. Walaupun saat ini kerja sama dengan BNN berhenti sementara terkait pelaksanaan rehab, namun kegiatan tersebut di internal kita tetap dilaksanakan, walau jumlahnya tentu tidak banyak, karena menyesusaikan anggaran yang ada”, ucap Asep Sutandar memulai paparannya tentang pengelolaan dan pemasaran hasil karya balai latihan kerja WBP di Lapas Narkotika Jakarta.

Setelah mendapat penjelasan dan diskusi dengan jajaran Lapas Narkotika Jakarta, rombongan dari BNN dan Balai Besar rehabilitasi Lido kemudian melihat galeri pemasaran dan pembuatan hasil karya balai latihan kerja warga binaan pemasyarakatan di Lapas Narkotika Jakarta.

 

Kontributor: Sadi Doank (tim humas)